Kami berharap melalui sosialisasi itu seluruh warga binaan bisa menjadi pemilih cerdas dan partisipatif
Muntok, Babel (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan sosialisasi Pemilu 2019 kepada warga binaan yang berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Muntok.

"Kami berharap melalui sosialisasi itu seluruh warga binaan bisa menjadi pemilih cerdas dan partisipatif," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Yulizar di Muntok, Kamis.

Dia mengatakan, jumlah warga binaan di Rutan Muntok yang masuk dalam daftar pilih saat ini sekitar 200 orang dan mereka nantinya akan disediakan satu buah tempat pemungutan suara di dalam rumah tahanan tersebut.

"Sosialisasi kami lakukan selain mengajak mereka mencoblos pada 17 April 2019, mereka juga kami kenalkan lima jenis surat suara dan tata cara pencoblosan," katanya.

Pada kesempatan itu, petugas sosialisasi juga menyempatkan untuk menggelar simulasi kecil mengenai tata cara pencoblosan di TPS.

Melalui kegiatan itu diharapkan para warga binaan tidak hanya mengetahui tata cara pencoblosan, namun juga bisa menjadi pemilih cerdas, misalnya memahami calon yang dipilih, mengerti suara sah dan tidak sah dan lainnya.

Ia berharap para warga binaan yang mendapatkan sosialisasi bisa mengajak teman sekamar dan warga binaan lain untuk menyalurkan hak pilih pada pemilu nanti demi kemajuan pembangunan daerah dan nasional.

"Sosialisasi di Rutan Muntok ini merupakan salah satu bentuk keseriusan kami dalam meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus memberikan hak yang sama dalam demokrasi kepada seluruh warga negara," kata Yulizar. 

Baca juga: DPTHP Ketiga pemilu 2019 Sampang 821.014 jiwa
Baca juga: Komnas temukan potensi hilangnya hak pilih karena belum punya e-KTP
Baca juga: Presiden terpilih diharapkan mengawal kejayaan olahraga Indonesia
Baca juga: Peneliti nilai "People Power" Amien Rais ungkapan ketidakpercayaan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019