Jakarta (ANTARA) - Ole Gunnar Solskjaer sudah harus menghadapi ujian terberat dalam karier kepelatihannya di Manchester United,  Kamis dini hari WIB nanti, saat Barcelona bertandang ke Old Trafford untuk menjalani pertandingan leg pertama perempatfinal Liga Champions.

Pertandingan ini juga menandai kedua kalinya Lionel Messi melawan United di stadion mereka dan kelima kalinya ia menghadapi klub Inggris itu sepanjang kariernya.

Kapten timnas Argentina ini sudah 30 kali menghadapi klub dari negeri Ratu Elizabeth II itu.

Ada kalanya rekor Messi melawan klub-klub Inggris dikritik, tetapi hal itu telah berubah dalam beberapa tahun terakhir dan peraih lima kali Ballon d'Or ini ingin menambah pundi-pundi golnya melawan klub-klub dari salah satu liga paling terkenal di Eropa.

Baca juga: Chris Smalling tidak sabar tes kemampuan saat hadapi Messi dan Barca

Pemain berusia 31 tahun ini telah 30 kali bermain melawan klub Inggris selama 13 tahun terakhir dengan mencetak 22 gol dan memberikan enam assist.

Messi vs Klub Inggris

Klub Main Menit Gol Assist
Chelsea 10 835 3 3
Arsenal 6 537 9 1
Manchester City 6 540 6 2
Manchester United 4 332 2 0
Tottenham 2 180 2 0
Liverpool 2 117 0 0

Sky Sports mencatat, Messi sudah empat kali melawan United dan mencetak dua gol, yang terjadi pada final 2009 dan 2011. Penampilannya sebelumnya di Old Trafford terjadi saat Barcelona kalah 0-1 pada leg kedua semifinal 2008, setelah leg pertama berakhir tanpa gol.

Baca juga: Prediksi Manchester United vs Barcelona

Arsenal menjadi klub Inggris favorit Messi untuk dibobol dengan sembilan gol dalam enam pertandingan, sedangkan Chelsea memiliki catatan lebih baik.

The Blues hanya kebobolan tiga gol dalam 10 pertandingan melawan La Pulga.

Messi telah enam kali bermain melawan Manchester City dan mencetak enam gol, termasuk dua dari tiga pertandingan di Manchester.

Rekornya melawan Tottenham adalah dua gol dalam dua pertandingan, sedangkan Messi belum pernah sekalipun membobol gawang Liverpool dalam dua kali kesempatan bertanding.

Messi sudah mencetak delapan gol dalam enam pertandingan Liga Champions musim ini dan total menciptakan 43 gol pada seluruh kompetisi musim 2018-19.

Baca juga: Lima pemain Barcelona yang mesti diawasi MU
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019