Jakarta (ANTARA) - Sejumlah persiapan dilakukan menjelang kampanye akbar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, di Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat sore.

Kampanye akbar Jokowi di GBK mengusung konsep pertunjukan musik dengan tema Konser Putih Bersatu. Sejumlah seniman papan atas seperti Addie MS, Abdee Slank, dan Memes direncanakan akan turut mengisi acara tersebut.

Pantauan Antara, di lingkar luar GBK, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) merakit detektor metal pada beberapa titik pintu masuk yang akan dilewati oleh massa yang menuju stadion.

Di bagian dalam GBK, panitia sedang membangun panggung yang akan menjadi tempat berlangsungnya acara pada Sabtu. Pembangunan panggung sempat terhenti sebentar karena turun hujan pada pukul 15.30 WIB, namun setelah hujan reda pekerjaan kembali dilanjutkan.

Bendera-bendera partai politik pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin telah dipasang pada sejumlah lokasi di dalam kompleks GBK. Selain itu, spanduk-spanduk komunitas dan organisasi relawan pendukung Jokowi juga telah dipasang di pagar lingkar luar stadion.

Panitia penyelenggara telah membangun sejumlah tenda yang akan menjadi tempat para pedagang menjajakan dagangan di lingkar luar stadion. Tenda-tenda berwarna putih itu terjejer rapi di dekat pintu-pintu masuk stadion.

Selain tenda, fasilitas lain untuk mendukung lancarnya acara adalah layar-layar lebar, yang telah dipasang panitia penyelenggara di sejumlah titik strategis.

Hal lain yang menandai kemeriahan menjelang kampanye akbar Jokowi adalah ramainya penjualan pernak-pernik pasangan nomor urut 01 itu di booth yang berada di pusat perbelanjaan FX Sudirman, dekat GBK.

Sejak sore, booth khusus yang berada di lantai dasar mal tersebut tidak pernah sepi dari pembeli maupun orang-orang yang sekadar mampir untuk melihat dagangan yang ditawarkan.

"Ini saya tinggal ambil, karena sebelumnya sudah pesan di internet," kata Chandra, sambil mencoba kaus bertuliskan "#01" yang baru dibelinya. 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati, Joko Susilo
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019