counter

KAI sebut kereta bandara Yogyakarta siap beroperasi

KAI sebut kereta bandara Yogyakarta siap beroperasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X meninjau kesiapan operasional bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo, termasuk fasilitas stasiun kereta api, Rabu (24/4/2019). (PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

KAI menyiapkan enam jadwal perjalanan kereta bandara dengan rute Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo
Kulon Progo (ANTARA) - PT KAI (Persero) menyebut sarana dan prasarana kereta untuk melayani penumpang bandara baru Yogyakarta, yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, sudah siap beroperasi.

“Infrastruktur semuanya sudah siap karena jalur yang digunakan adalah jalur lama. Kereta sudah bisa dioperasionalkan sesuai dengan operasional bandara baru,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di sela peninjauan kesiapan operasional Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, Rabu.

Sesuai perencanaan, Edi mengatakan KAI menyiapkan enam jadwal perjalanan kereta bandara dengan rute Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo.

Untuk saat ini, Stasiun Wojo adalah stasiun terdekat dari bandara yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, termasuk shuttle bus untuk mengantar penumpang menuju bandara.

Jarak antara Stasiun Wojo dengan bandara baru tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 10-15 menit perjalanan menggunakan bus.

Sementara itu, kereta yang disiapkan untuk melayani penumpang menuju bandara baru adalah rangkaian kereta Solo Ekspres ditambah satu rangkaian kereta Solo Ekspres yang memang setiap hari melayani rute Solo-Kutoarjo.

Edi menambahkan, masih ada 37 rangkaian kereta lain yang setiap hari melewati jalur tersebut. “Jika dibutuhkan untuk mendukung angkutan penumpang ke bandara, maka bisa saja dicari kereta mana yang bisa berhenti di stasiun ini,” katanya.

Meskipun demikian, Edi mengatakan, layanan kereta bandara di masa yang akan datang akan terus ditingkatkan guna mempermudah akses ke bandara yaitu membangun jalur kereta ke bandara dari Stasiun Kedundang.

Baca juga: AP I uji penerbangan kalibrasi di Bandara Internasional Yogyakarta
Baca juga: Jokowi: topang bandara internasional, kereta api wajib tersedia

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kereta Bandara kini sudah beroperasi dari Stasiun Manggarai

Komentar