Untuk 'group event', kami tidak menyediakan tarif khusus, namun kami menerapkan fleksibilitas harga
Yogyakarta (ANTARA) - Kalangan perhotelan di Daerah Istimewa Yogyakarta menjual sejumlah paket spesial untuk mendongkrak okupansi atau tingkat hunian kamar yang biasanya menurun selama Ramadhan.

"Kami memang mengalami penurunan okupasi selama Bulan Ramadhan ini, untuk mengatasi hal tersebut kami tawarkan harga spesial paket Ramadhan," kata Public Relation Hotel Grand Inna Malioboro Retna Kusumaningrum di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengatakan memasuki Ramadhan, hotel bintang lima yang berada di kawasan Malioboro itu mengalami penurunan okupansi dari biasanya 80 menjadi 20 persen.

Untuk kembali mendongkrak okupansi, Grand Inna Malioboro menyediakan paket Ramadhan dengan harga spesial Rp699.000 per malam, termasuk makan sahur dan Rp845 per malam, termasuk makan sahur dan buka puasa.

"Selain itu juga menerapkan harga promo 'booking' kamar secara 'online'," kata dia.

Public Relation Hotel Tentrem Yogyakarta Venta Pramusanti juga mengakui ada penurunan okupansi sejak memasuki Ramadhan di hotel tersebut.

Biasanya, kata dia, pihaknya mampu mencapai 72 persen akan tetapi saat ini turun di kisaran 60 persen.

"Okupansi hotel cenderung turun dibandingkan dengan hari biasa. Perusahaan banyak yang mengalihkan penyelenggaraan 'event' menjadi sesudah atau sebelum Ramadhan," kata dia.

Manajemen Hotel Tentrem juga telah menyiapkan hidangan khusus khas Nusantara, Asia, dan Mediterania.

"Di Bulan Ramadhan ini, kami menyediakan Ramadhan Room Promo yang bisa didapatkan dengan melakukan reservasi melalui website kami. Untuk 'group event', kami tidak menyediakan tarif khusus, namun kami menerapkan fleksibilitas harga," kata dia.
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019