Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung selama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah turut serta dalam mengamankan arus lalu lintas dalam kota untuk menghindari penumpukan kendaraan pada titik-titik tertentu.

"Tahun ini kita menjelang lebaran kita akan turunkan 148 personel yang akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan pemprov untuk mengatur lalin," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung Ahmad Husna di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa nanti mendekati hari raya Idul Fitri anggota dishub yang diturunkan ke lapangan akan ditambah dari hari biasanya, kemudian sejumlah personel akan ditugaskan pada titik rawan kemacetan.

Untuk petugas mengatur lalin di kota jumlahnya seperti biasa, kata dia namun saat ini dishub sudah menambah personel pada tempat-tempat yang menjadi pusat kemacetan selama bulan ramadhan.

"Kita tempatkan lima personel di setiap tempat penjualan takjil untuk mengurai kemacetan," katanya pula.

Selain itu kata Husna menjelang hari lebaran Dishub Bandarlampung bekerjasama dengan Dishub Provinsi Lampung serta Kementrian Perhubungan sedang melakukan pengecekan kendaraan layak jalan.

"Kita saat ini sedang melakukan pengecekan kendaraan angkutan antar kota maupun antar provinsi bersama kemenhub," kata husna.

Menurutnya pengecekan tersebut bertujuan agar kendaraan yang digunakan masyarakat umum dalam keadaan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pihak berwajib, serta menekan angkat kecelakaan lalu lintas.
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019