counter

Tenis

Ke perempat final, petenis top harus cetak kemenangan ganda pada Kamis

Ke perempat final, petenis top harus cetak kemenangan ganda pada Kamis

ilustrasi - Turnamen tenis (ANTARA News)

Jakarta (ANTARA) - Para petenis top harus mencetak kemenangan ganda di Italia Open 2019 pada pertandingan Kamis untuk mendapatkan tiket perempat final, termasuk pula Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer yang akan memulai laga pertama mereka di Roma.

Capaian itu harus dilakukan akibat pada hari Rabu hujan yang sangat lebat mengguyur arena, sehingga semua pertandingan yang sudah dijadwalkan pada hari itu terpaksa dibatalkan.

Akibatnya sebanyak 20 pertandingan nomor tunggal harus diselesaikan pada hari Kamis untuk mengembalikan jadwal turnamen seperti semula, demikian dilaporkan atptour.com, Kamis.

Petenis nomor satu dunia Djokovic yang sudah mengantongi gelar juara di Mutua Madrid Open pekan lalu, akan menghadapi Denis Shapovalov dari Kanada, sementara Federer yang baru baru kembali ke Italia Open sejak tahun 2016 akan berhadapan dengan Joao Sousa dari Portugal, sedangkan Nadal akan menghadapi Jeremy Chardy.

Djokovic mengalahkan Shapovalov dalam pertemuan Head2Head FedEx ATP mereka sebelumnya di Australia Open tahun di bulan Januari.

Unggulan teratas ini mengikat rekor Nadal dari 33 gelar Master 1000 dengan menang pekan lalu di Madrid setelah mengalahkan Stefanos Tsitsipas dan memiliki kesempatan untuk merebut rekor tersebut dengan merebut gelar pada hari Minggu.

Petenis Serbia yang memegang empat kali gelar juara di Roma juga akan mengikat rekor "Big Titles" Federer dengan kemenangan lain di sini.

Djokovic dan Shapovalov akan berebut posisi untuk kembali bertanding pada malam hari, untuk menghadapi unggulan ketiga asal Italia Marco Cecchinato atau Philipp Kohlschreiber dari Jerman.

Unggulan ketiga Federer memenangkan satu-satunya pertemuan sebelumnya FedEx ATP Head2Head dengan Sousa di lapangan rumput Gerry Weber Open pada tahun 2014.

Finalis empat kali di Roma ini juga memegang rekor karir 32-16 di ajang ini.

Petenis Swiss ini dengan cepat menemukan bentuknya di lapangan tanah liat pekan lalu di Madrid dengan mencapai perempat final dan menahan dua poin pertandingan melawan Dominic Thiem sebelum kalah dalam tiga set.

Lawannya, yaitu Sousa, sedang mencari kemenangan Top 10 kelimanya dan yang pertama di tanah liat. Pemenang pertandingan ini akan menghadapi Borna Coric dari Kroasia, unggulan ke-13.

Nadal memulai usahanya untuk meraih gelar kesembilan di arena Foro Italico, dengan bekal catatan kemenangan 2-0 atas Chardy yang terakhir kali diraih empat tahun lalu.

Unggulan asal Spanyol ini masih mencari gelar pertamanya pada 2019 setelah tiga kali hanya mencapai babak semifinal secara berturut-turut berturut-turut di lapangan tanah liat, yaitu di Madrid, Barcelona Open Banc Sabadell dan Rolex Monte-Carlo Masters.

Pemenang pertandingan ini akan bertanding dengan unggulan keempat asal Georgia Georgian Nikoloz Basilashvili.

Baca juga: Susul Serena Williams, Wozniacki juga mundur dari Italia Open

Baca juga: Setelah absen di Italia, Serena yakin bugar untuk Prancis Open

Baca juga: Federer pastikan terlibat di persaingan Italia Open 2019

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Turnamen tenis jaring atlet PON 2020

Komentar