Jakarta,  (ANTARA News) - Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menyatakan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih memimpin dalam Pemilihan Presiden 2009, dibandingkan kandidat lainnya.

Ketua Tim Peneliti LP3ES Fajar Nursahid di Jakarta, Jumat mengungkapkan, berdasar hasil survei LP3ES yang dilakukan sejak 1-10 Desember 2008, SBY masih memimpin dibandingkan kandidat-kandidat yang lain.

"SBY hanya kalah di Indonesia Timur oleh Megawati Soekarnoputri, dalam hal dukungan masyarakat" katanya, menambahkan.

Dalam survei yang dilakukan terhadap 2.490 responden di 125 desa yang tersebar di seluruh Indonesia sebagian besar masyarakat merasa yakin masa depan Indonesia lewat SBY akan lebih baik.

Ia mengatakan Yudhoyono dianggap berhasil di bidang kesehatan, pendidikan dan penanganan korupsi. Sedangkan masalah kelangkaan BBM, Pupuk dan bahan pokok, SBY dianggap kurang berhasil.

Menurut hasil survei itu, sebanyak 49 responden menilai Yudhoyono gagal dalam penyediaan bahan pokok, harga BBM (51), dan 45,7 persen responden mengatakan SBY tidak berhasil mengantisipasi kelangkaan BBM.

Sedangkan 59,5 persen responden menilai Yudhoyono sukses dalam kesehatan, pendidikan (56,3) dan sebanyak 36 persen menilai Yudhoyono berhasil memberantas korupsi.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009