counter

Terminal Kalideres akan meriahkan HUT DKI dengan umbul-umbul

Terminal Kalideres akan meriahkan HUT DKI dengan umbul-umbul

Situasi di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Senin (17/6/2019). Pengelola Terminal Kalideres akan ikut serta dalam memeriahkan peringatan HUT ke-492 DKI Jakarta dengan memasang beragam pernak-pernik. (Asep Firmansyah)

HUT DKI Jakarta ini diharapkan menjadi momentum bagi pemerintah provinsi untuk semakin memperhatikan layanan di Terminal Kalideres.
Jakarta (ANTARA) - Terminal Kalideres, Jakarta Barat akan ikut serta dalam memeriahkan acara hari ulang tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta dengan memasang beragam pernak- umbul-umbul serta spanduk di setiap sudut terminal.

"Kita sebetulmya masih fokus angkutan lebaran, tapi kita akan upayakan bikin pernak-pernik, umbul-umbul, spanduk di terminal untuk memeriahkan HUT DKI ini," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain di Jakarta, Senin.

Revi mengatakan setiap perayaan besar seperti HUT DKI maupun hari kemerdekaan Indonesia, terminal seluas 3,5 hektar itu rutin menggelar kegiatan untuk meramaikan peringatan hari besar.

Ia mencontohkan saat 17 Agustusan pengelola selalu mengadakan berbagai lomba seperti balap karung, makan kerupuk, hingga panggung hiburan. Tak tanggung-tanggung pesertanya pun mulai dari pengelola PO bus, personel Dishub, pedagang, hingga penumpang.

"Ini juga sebagai upaya kami agar seluruh pihak yang ada di Terminal Kalideres memiliki tanggung jawab yang sama dan rasa memiliki yang sama terhadap terminal ini," katanya.

Sementara untuk memeriahkan HUT DKI, ia masih mencari kegiatan apa yang akan diselenggarakan di samping penempatan pernak-pernik.

"Selama ini setiap ulang tahun DKI membuat acara yang unik, tapi yang rutin saat kemerdekaan. Saat ini (HUT DKI) masih dipikirkan masih fokus tadi (angkutan lebaran)," kata dia.

Di sisi lain, ia ingin HUT DKI Jakarta ini menjadi momentum pemerintah provinsi untuk semakin memperhatikan layanan di Terminal Kalideres.

Revi ingin agar terminal yang dibangun pada 1985 ini dipugar menjadi terminal modern seperti halnya Terminal Pulo Gebang. Berbeda dengan Pulo Gebang, kondisi di Kalideres masih cenderung sederhana, padahal terminal tersebut menjadi tujuan penumpang menuju ke berbagai wilayah di Jawa dan Sumatera.

"Harapan saya terminal Kalideres di revitalisasi diperbaharui lagi dan diperlebar luasannya sesuai syarat terminal antar kota antar provinsi dan ditambah lagi fasilitas yang ada di terminal," kata dia.

Di samping itu, ia ingin mengubah wajah terminal yang tidak hanya diperuntukan sebagai tempat angkutan saja. Namun lebih jauh dari itu, Revi ingin Terminal Kalideres menjadi salah satu pusat rekreasi dan edukasi bagi masyarakat.

"Diperlengkaplah kalau bisa, apa kebutuhan masyarakat ada di terminal. Kalau bisa, ada tempat bermain anak, ruang baca, masyarakat ke terminal bukan hanya naik bus doang, tapi juga rekreasi di terminal. Bisa merubah Image terminal sekarang lebih baik lah," kata dia.

Baca juga: 42.727 orang datang lewat Terminal Kalideres sepanjang arus balik

Baca juga: H+4 lebaran, 8.000 lebih pemudik kembali via Terminal Kalideres

Baca juga: Bus arus balik terlambat tiba di Terminal Kalideres

Hari ini puncak arus balik Terminal Kalideres

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar