counter

Terowongan Jalan Kendal akan dihias mural sambut HUT DKI Jakarta

Terowongan Jalan Kendal akan dihias mural sambut HUT DKI Jakarta

Warga berjalan melewati terowongan jalur pedestrian yang dihiasi lampu warna-warni di Jalan Kendal, dekat Stasiun Sudirman, kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019). Jalur pedestrian tersebut merupakan bagian dari pembangunan kawasan Transit Oriented Development (TOD) yang akan mempermudah perpindahan penumpang dari moda transportasi ke moda lainnya seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, LRT Jabodebek, kereta Commuterline, TransJakarta dan kereta Bandara. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jakarta (ANTARA) - Terowongan khusus pejalan kaki yang berlokasi di Jalan Kendal, Menteng, Jakarta Pusat akan dipercantik dengan goresan seni lukis mural dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-492.

"Menyambut HUT DKI Jakarta ke-492 juga akan dilakukan pengecatan mural di terowongan Jalan Kendal," ujar Kepala Bagian Kerjasama Daerah Biro Tata Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta Marulina Dewi kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Marulina mengatakan dipilihnya terowongan Jalan Kendal sebagai lokasi pengecatan mural lantaran tempat tersebut kini menjadi salah satu kawasan yang ramai dilalui masyarakat ibukota, khususnya yang berkerja di pusat Jakarta.

Terowongan tersebut, kata dia, merupakan jalur yang dilalui masyarakat pengguna dua moda transportasi populer di Ibu kota saat ini, yakni kereta commuter line serta Moda Raya Terpadu (MRT).

"Jadi itu tempat transit pejalan kaki dari Stasiun Sudirman ke Stasiun MRT Dukuh Atas. Nah, supaya orang semakin suka jalan kaki, kita bikin itu sesuatu yang tempat transitnya itu bagus, rapi dan mungkin juga ikonik," ujar Marulina

"Sekarang ini sudah ada lampu, sudah bersih, tapi kita akan tambahkan lagi mural, jadi kita akan pasang mural sebagai hadiah ulang tahun Jakarta," tambah dia.

Lebih lanjut Marulina mengatakan, gambar mural yang dibuat akan mengedepankan ikon-ikon wajah baru kota Jakarta, seperti adanya MRT, Jembatan Penyeberangan Orang dengan desain yang unik, trotoar yang dibuat lebih lebar, integrasi moda transportasi dan lain sebagainya.

Ikon-ikon tersebut akan digambar oleh pelukis yang telah ditentukan Pemprov DKI Jakarta, bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta mahasiswa jurusan seni dari Universitas Paramadina Jakarta.

Marulina mengatakan proses pengerjaan mural akan dimulai pada Selasa (18/6), dan dijadwalkan selesai pada Selasa (25/6). Adapun pada Jumat (21/6), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meresmikan mural pada terowongan Jalan Kendal tersebut.

"Nanti Pak Anies akan ikut mengecat di beberapa bagian," kata Marulina.

Baca juga: Anies berharap kawasan TOD memudahkan warga berpindah antarmoda

Baca juga: Dishub DKI tutup Jalan Kendal untuk pedestrian dan konsep TOD Jakarta

Wajah baru Jakarta ubah mindset warga lebih disiplin

Pewarta: Fathur Rohman
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar