Apkasi siap menyukseskan target 2.000 Desa Wisata Mandiri yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) siap menyukseskan target 2.000 Desa Wisata Mandiri yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

"Apkasi siap menyukseskan target 2.000 Desa Wisata Mandiri yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Bukan hanya desa wisata rintisan, berkembang, dan maju, tapi sudah mengarah ke mandiri,” ujar Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Anas juga menambahkan bahwa Apkasi akan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata untuk menyukseskan program desa wisata sesuai visi Presiden Joko Widodo untuk membangun bangsa dari daerah pinggiran, termasuk desa dengan memanfaatkan budaya, alam, dan kreativitas warganya.

“Itu tugas bersama Apkasi, kami para bupati, dan nanti berkolaborasi dengan Kemenpar dan pemerintah provinsi,” katanya.

Diketahui bahwa secara total terdapat sekitar 83 ribu desa atau setingkat desa di Indonesia. Dari jumlah tersebut yang sudah dihitung oleh tim di pemerintah pusat, terdapat sekitar 10 persennya yang berpotensi menjadi desa wisata.

Sebelumnya Apkasi menyatakan akan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam rangka mengembangkan beragam sektor pariwisata mulai dari pariwisata lintas batas negara (crossborder tourism) sampai dengan homestay.

Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pihaknya mendukung program-program Kemenpar sehingga ke depan kebijakan pariwisata nasional bisa semakin punya instrumen pelaksanaan yang efektif dan saling dukung di daerah di mana Apkasi beranggotakan lebih dari 400 kabupaten.

Anas memaparkan bahwa sejumlah hal yang dikolaborasikan antara lain crossborder tourism, desa wisata, dan homestay.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa pengembangan kolaborasi pariwisata ini sekaligus bagian dari strategi mendorong kemajuan seni budaya daerah, karena semakin kuat konten kearifan lokalnya maka semakin kuat pula daya tariknya untuk pengunjung.

Baca juga: Desa Talulobutu tawarkan wisata air malam hari
Baca juga: Kemenpar ingin masyarakat desa wisata makin sadar wisata
Baca juga: Desa Penglipuran Bali dinilai layak jadi model wisata edukasi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019