counter

Tiga koperasi di Bali raih penghargaan tingkat nasional

Tiga koperasi di Bali raih penghargaan tingkat nasional

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra bersama para tokoh koperasi disela-sela menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional (Antaranews Bali/Dok Dinkop Bali/2019)

Tiga koperasi dari Pulau Dewata yang dinobatkan sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional yakni KUD Catur Guna Merta dari Desa Yeh Embang, Kabupaten Jembrana (koperasi produsen), Koperasi Industri Kerajinan Kriya Bambu Sedana dari Desa Tanggahan
Denpasar (ANTARA) - Tiga koperasi dari Bali berhasil meraih penghargaan sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional 2019 dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dalam rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional di Purwokerto, Jawa Tengah.

"Sebelumnya Pemerintah Provinsi Bali mengusulkan lima koperasi yang sudah berkinerja baik untuk mendapat meraih penghargaan koperasi berprestasi tingkat nasional ini," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra ketika dihubungi dari Denpasar, Jumat.

Tiga koperasi dari Pulau Dewata yang dinobatkan sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional yakni KUD Catur Guna Merta dari Desa Yeh Embang, Kabupaten Jembrana (koperasi produsen), Koperasi Industri Kerajinan Kriya Bambu Sedana dari Desa Tanggahan Peken, Sulahan, Kabupaten Bangli (koperasi pemasaran) dan Koperasi Subhakti Ungasan dari Desa Ungasan, Kabupaten Badung (koperasi jasa).

Sementara itu dua koperasi lain, yang sebelumnya juga diusulkan yakni KPN Kamadhuk dari Kota Denpasar (koperasi konsumen) dan Kopdit Swastiastu dari Kelurahan Baktiseraga, Kabupaten Buleleng (koperasi simpan pinjam).

Baca juga: Menteri Puspayoga berikan penghargaan bagi insan koperasi

Piagam penghargaan kepada koperasi berprestasi tingkat nasional itu diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga.

"Dengan pemberian penghargaan koperasi berprestasi ini, tentunya dapat memberikan motivasi kepada koperasi yang ada di seluruh Indonesia, termasuk di Bali untuk meningkatkan kinerjanya, sekaligus menjadi ikon bagi koperasi-koperasi di daerah," ujarnya.

Dari 34 provinsi di Indonesia yang telah menyerahkan masing-masing lima nama koperasi berprestasi tersebut, sebelumnya diseleksi ulang oleh tim penilai, diranking, dicek dan diverifikasi lapangan.

"Kita patut berbangga dengan prestasi yang diraih tiga koperasi berprestasi dari Bali ini yang telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional," ucap Gede Indra.

Penghargaan tersebut, lanjut dia, merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat dan daerah atas kerja keras para pengurus, pengawas, pengelola dan anggota koperasi sehingga mereka bisa terus tumbuh berkembang menjadi koperasi yang besar.

Selain diserahkan penghargaan bagi koperasi berprestasi, dalam peringatan Hari Koperasi Nasional ini, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra juga menerima penghargaan Satya Lencana Wira Karya.

Tiga tokoh koperasi dari Bali juga mendapatkan penghargaan Bakti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM yakni I Gede Suriadnyana (Direktur LPD Bali Certif), Ngurah Astika (Sekretaris Dekopinda Kabupaten Karangasem/Ketua Koperasi Simpan Pinjam Bebandem Mandiri), dan Ni Wayan Darni (Manajer Koppas Kamboja, Pasar Kereneng, Denpasar).

Baca juga: Koperasi diharapkan mampu bersaing pada era industri 4.0

Profesional, kunci sukses koperasi pedoman

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar