IBL

Hangtuah arungi musim baru disuntik sponsor Amartha fintek

Hangtuah arungi musim baru disuntik sponsor Amartha fintek

Presiden Hangtuah Basketball Gading Ramadhan Joedo (kedua kanan) menyerahkan seragam anyar pertanda seremonial sponsor kepada Pendiri sekaligus CEO Amartha Mikro Fintek Andi Taufan Garuda Putra (kedua kiri) di Jakarta, Jumat (26/7/2019). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Tim bola basket Hangtuah Basketball akan mengarungi musim baru Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2019-2020 dengan mendapatkan dana suntikan sponsor anyar lembaga pinjaman finansial berbasis teknologi, Amartha.

Dengan demikian, tim itu kini secara resmi berkompetisi dengan nama Amartha Hangtuah, yang sebelumnya sempat digunakan dalam tiga seri turnamen pramusim 3x3 IBL yang sudah berlangsung di Cirebon, Bali dan Yogyakarta.

Presiden Hangtuah Basketball Gading Ramadhan Joedo menegaskan kedatangan Amartha menjadi angin segar bagi timnya yang beberapa musim sempat mengalami juga kesulitan finansial.

"Sekarang kami bisa fokus untuk lebih mengejar prestasi," kata Gading dalam jumpa pers pengenalan Amartha Hangtuah di Jakarta, Jumat.

"Dulu waktu mengalami kesulitan membayar gaji, para pemain diusir dari mess, kami bisa mencapai empat besar. Tentu dengan kondisi sekarang yang lebih ideal, seharusnya bisa lebih," ujarnya menambahkan.

Hangtuah sempat menjejaki babak semifinal pada IBL 2017-2018 saat kendati kemudian dihentikan oleh Satria Muda Pertamina 1-2 dalam rangkaian best of three.

Baca juga: Masalah gaji tak selesai, nasib Bogor Siliwangi pun selesai

Gading berharap bahwa keputusan Amartha untuk mendukung Hangtuah bisa diikuti perusahaan-perusahaan fintek yang terus tumbuh menjamur dalam beberapa tahun terakhir, agar semua bisa sama-sama membantu perkembangan olahraga profesional di Indonesia, bukan semata bola basket, tapi cabang lain yang juga memiliki kompetisi profesional.

Pendiri sekaligus CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, mengaku keputusannya memberikan dukungan terhadap Hangtuah tidak lepas dari kesamaan semangat dan visi antara kedua pihak.

"Kami di Amartha terus melakukan pembiayaan atau dalam hal ini pembinaan bagi usaha-usaha mikro di seluruh Indonesia," kata Andi.

"Hal yang sama, juga dilakukan Hangtuah dengan terus melakukan pembinaan kepada talenta basket dari seluruh Indonesia," ujarnya menambahkan.

Kedua pihak tak mengungkapkan rincian kesepakatan sponsor mulai dari nilai maupun durasinya, namun diharapkan setidaknya hingga IBL 2019-2020 berakhir Amartha konsisten mendampingi Hangtuah.

Selain kesepakatan sebagai sponsor utama, Amartha juga menyediakan mess bagi para pemain Hangtuah di area Kemang, Jakarta Selatan, serta fasilitas lapangan tempat berlatih di bilangan Cilandak yang sudah dipakai para pemain dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Demi timnas, IBL tambah kuota pemain asing

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

TNI AL Dukung Gerakan Ayo Makan Ikan

Komentar