Ambon (ANTARA News) - Diperkirakan hari ini Kamis (28/7), semua perahu layar yang mengikuti lomba layar Internasional Darwin - Ambon masuk finish di pantai desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, kota Ambon.

"Sampai hari ini, hanya dua perahu peserta yang belum masuk finish masing - masing perahu Wicked dengan kapten Danny Foley dan perahu solace III dengan kapten Roger Hatten," kata Ketua panitia asal Darwin, Robin Tix kepada ANTARA di lokasi finish, Kamis.

Menurut Robin, hasil pemantauan yang dilakukan pagi ini kedua perahu peserta akan tiba hari ini, kemungkinan perahu Wicked akan tiba pada pukul, 10:30 WIT dan perahu Solace III akan tiba pukul, 11:30 WIT.

Sedangkan perahu yang baru tiba hari Kamis pagi, (28/7) perahu Pandora dengan kapten Rick Setter pada pukul, 02:30 WIT, dan perahu Shady Lady dengan kapten Peter Charles pukul 07:00 WIT.

"Angin kurang bersahabat dengan para peserta terutama di perairan teluk Ambon, angin datang selalu berlawanan arah sehingga pelayaran menuju pantai Desa Amahusu kurang menguntungkan," kata Robin.

Jumlah perahu peserta lomba layar yang sudah tiba di lokasi finish pantai desa Amahusu hingga Kamis pagi sebanyak 15 dari 17 perahu.

Robin menjelaskan, perahu yang tiba pertama di pantai Amahusu sejak dilepas dari pantai Darwin (Australia Utara), Sabtu (23/7), adalah Fantasia dengan Kapten Andrew Stransky bersama lima anak buahnya itu tiba Senin (25/7) pada pukul 20.30 WIT.

Sedangkan yang masuk urutan dua dan seterusnya pada hari Selasa (26/7), yakni perahu Walk on the Wildside dengan kapten Garth Curran, perahu Freedom Express dengan kapten Ross Mc Combe, perahu Australian Maid dengan kapten John Wardill, perahu Sue Sea dengan kapten Brian Todd, perahu XScape dengan kapten Andrew Boller dan perahu Game Set dengan kapten John Mulkearns.

"Perahu yang masuk finish hari ini, Rabu (27/7) sejak pagi hari yakni , Even Karma dengan kapten John Hardy, perahu Breakaway VI dengan kapten Alan Chalk, perahu Kuching dengan kapten Bruce Panting, Perahu Raucous dengan kapten Bob Colman, perahu Kind of Blue dengan kapten Dick van der Waaij dan perahu Maralinga dengan kapten John Jordan ," katanya.

Selain 17 perahu layar peserta lomba, ada juga dua perahu layar yang ikut dalam kegiatan rally yakni perahu Parley dengan Kapten Ray Jones dan perahu Scot Free II dengan kapten Barrie Morgan yang sudah tiba di pantai Amahusu sejak Minggu, (24/7).

" Jadi sampai dengan pagi hari Rabu sudah ada 17 buah perahu layar yang tiba di pantai desa Amahusu, " kata Robin. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011