Lampung Selatan (ANTARA) - Ribuan peserta Palang Merah Indonesia (PMI) dari berbagai provinsi se-Indonesia sudah berdatangan di lokasi acara Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) yang berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, pada 2-10 Juli 2023.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi terlihat sejumlah peserta dari berbagai provinsi mulai melakukan kegiatan di area kontingen masing-masing.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Eka Riantinawati di Kalianda, Minggu, mengatakan hingga saat ini jumlah peserta Jumbara Nasional yang sudah sampai di lokasi mencapai 95 persen.

Baca juga: Ikuti Jumbara Lampung, Palang Merah Indonesia Sulbar kirim 47 peserta

"Terkait untuk kedatangan peserta, alhamdulillah sudah hampir 95 persen atau tiga ribu lebih yang sudah datang," kata Eka Riantinawati.

Salah satu pembina kontingen dari Provinsi Bali Sassu mengaku pihaknya melakukan persiapan untuk mengikuti ajang Jumbara Nasional sejak dari satu bulan lalu.

"Kami sudah melakukan persiapan di lokasi dari bulan kemarin, dari mulai menyiapkan keseniannya hingga yang lainnya, yang akan ditampilkan untuk ajang Jumbara," kata Sassu.

Ia mengatakan pada ajang Jumbara peserta PMI Provinsi Bali akan melakukan pertunjukan seni setiap malam hingga selesai kegiatan tersebut.

"Kami tidak hanya ingin menampilkan tentang PMI saja, kami juga akan menampilkan pentas seni mulai dari pembukaan hingga penutupan setiap malamnya nanti," kata dia.

Baca juga: Sekjen PMI: Jumbara sebagai ajang menumbuhkembangkan jiwa kesukarelaan

Baca juga: 41 siswa terpilih wakili Jatim di Jumbara PMR tingkat nasional


Sementara itu, perwakilan kontingen dari Provinsi Papua Frans Kambu mengaku ia bersama peserta dan tim Jumbara Nasional tiba dilokasi hari ini.

"Kami tiba di lokasi tadi pagi, sebelumnya kami hanya tahu nama saja Lampung itu seperti apa dan sekarang kami sudah di Lampung, kami sangat bangga dan senang," kata Frans.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023