Jayapura (ANTARA News) - Tim Persipura Jayapura menyatakan kesiapan mereka untuk menjamu Persiba Balikpapan pada laga perdana kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) 2011/2012 yang akan digelar di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Kamis (1/12).

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago, di Jayapura, Rabu, mengatakan, sejauh ini anak-anak asuhnya terus menjalani latihan, guna menjaga stamina para pemain dan teknik para pemain.

Selain menjaga fisik pemain agar tetap bugar, lanjutnya, latihan yang dijalani Boaz Solossa dan kawan-kawan adalah bagaimana memanfaatkan bola mati.

"Sejauh ini kami siap melakoni kompetisi ISL 2011/2012. Meskipun persiapan sangat singkat, namun saya merasa itu cukup kerena selama ini tim sudah berlatih untuk berbagai event seperti SCTV Cup dan Inter Island Cup," katanya.

Menurut dia, sebelum melakoni laga perdana ISL, tim Persipura akan menggelar ibadah dan persiapan mental pemain, sehingga pada Kamis (1/12) tinggal maksimalkan dalam class room dalam meeting selanjutnya.

"Kita malam mini punya ibadah dan persiapan mental dengan anak-anak. Saya rasa persiapan kita meskipun singkat tapi cukup karena selama ini tim kita sudah berlatih untuk berbagai event," ujarnya.

Menyinggung soal siapa saja yang akan diturunkan pada laga perdana, tegas Jacksen, sebagai pelatih, dirinya akan memberitahukan hal itu ketika seluruh pemain sudah berada di lapangan.

"Saya punya kebiasaan untuk memeritahukan siapa-siapa yang akan dimainkan sesudah di lapangan nanti. Hal ini dilakukan untuk menjaga mental masing-masing pemain dan semua komponen dalam tim. Yang jelas kita mau membuat susunan pemain yang pas dengan kekuatan kita dan untuk meredam kekuatan dan kelemahan lawan," tandasnya.

Ketika ditanya siapa yang perlu diwaspadai dari tim lawan, Jacksen katakan, tentu para pemain asing yang bergabung di tim Persiba karena mereka lebih dominan dalam tim.

"Mereka punya pemain belakang yang bisa naik kedepan, pemain tengah yang bagus dalam bola mati serta dua striker dengan ketajaman luar biasa. Ini yang harus diwaspadai Persipura," katanya.

Dia menilai, tim Persiba Balikpapan memiliki kekuatan lebih dan variasi serangan dari sayap yang sangat baik.

Kick off pertandingan perdana kompetisi ISL 2011/2011 antara Persipura melawan Persiba Balikpapan akan berlangsung pada pukul 17.30 WIT.
(KR-ALX/K006)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011