Medan (ANTARA News) - Universitas Sumatera Utara akan menerima sebanyak 2.556 orang calon mahasiswa baru yang diproyeksikan melanjutkan pendidikannya pada 47 program studi S-1 reguler yang bernaung di 14 Fakultas yang dimiliki perguruan tinggi tersebut.

"Pelaksanaan ujian tulis bagi seleksi SBMPTN ini dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 17 Juni 2014," kata Rektor USU Prof Dr Syahril Pasaribu pada wisuda sarjana di Gedung Auditorium USU di Medan, Senin.

Disamping seleksi tersebut, menurut dia, pada tanggal 27 Mei 2014 telah diumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN Tahun 2014 dengan jumlah calon mahasiswa baru yang diterima berkisar 50 persen dari daya tampung USU.

"Universitas Sumatera Utara juga masih memberikan kesempatan berikutnya, pada lulusan SMA/Sederajat Tahun 2012, 2013 dan 2014, untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan S-1 Mandiri melalui seleksi UMB-PT Tahun 2014," ucap Syahril.

Dia menyebutkan, pendaftaran UMB-PT tersebut dimulai pada tanggal 9 Juni hingga 31 Juli dan pelaksanaan ujian tulisnya akan berlangsung pada tanggal 3 Agustus 2014.

Rektor mengatakan, semua seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan ini, tidak lain bertujuan untuk menjaring para lulusan SMA/Sederajat yang memiliki minat dan kecakapan serta "berkemampuan akademik baik".

"Sehingga nantinya dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikannya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan," ucap dia.

Pendidikan ini diharapkan akan berdampak bagi "output" atau lulusan universitas yang memiliki prestasi atau "berpredikat baik", sebagaimana para wisudawan/wisudawati yang hadir dan duduk berada tengah-tengah kita ini.

"Semoga anda mendapatkan kesuksesan dan dengan selalu mengingat almamater Universitas Sumatera Utara yang tercinta ini. Kami berbahagia dan bangga, karena anda telah menyelesaikan studi di Universitas Sumatera Utara yang kita cintai ini," kata Rektor.

Pada periode ini selama tiga hari akan diwisuda sebanyak 2.441 orang wisudawan/wisudawati yang telah merampungkan pendidikannya di Universitas Sumatera Utara antara bulan Februari hingga Juni 2014.

Lulusan ini terdiri atas 239 orang lulusan Program Pascasarjana, 6 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 16 orang Program Pendidikan Spesialis, 37 orang Program Dokter Jenjang Magister, 238 Orang Pendidikan Profesi, 1.830 orang dari Program Sarjana dan 75 orang Program Diploma.

(M034/A029)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014