Selain tiga hal itu, isu penting lainnya pada tahun 2024 yaitu indikator kinerja utama, program digitalisasi, perbaikan infrastruktur prioritas, dan pengembangan kluster keilmuan
Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) terus melakukan pembenahan pada berbagai hal, termasuk penguatan pada program studi (prodi) yang ada di fakultas-fakultas sebagai upaya mencapai universitas berkelas dunia.

Rektor USU Prof Muryanto Amin di Medan, Rabu, mengatakan untuk masuk dalam 500 universitas berkelas dunia, berbagai upaya telah dilakukan, termasuk mengajak para dosen dan pimpinan prodi membahas rencana yang ingin dicapai dalam dua tahun ke depan.

Ia mengatakan universitas berkelas dunia bukan hanya sekadar dokumen resmi, namun dapat mengubah pemikiran dan suasana akademik menjadi lebih baik.

Muryanto Amin membagi tiga poin penting terkait rencana USU ke depannya yaitu pendidikan, penelitian dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: USU gunakan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru

Pada poin pendidikan yang terkait dengan Kurikulum OBE (Outcome Based Education) sebagai syarat untuk mendapatkan akreditasi internasional, kata dia, hingga saat ini sebanyak 66 persen prodi di USU belum memiliki Kurikulum OBE. Oleh karena itu rektor mengimbau kepada semua prodi agar mengubah kurikulumnya. 

Selanjutnya dalam poin penelitian dan publikasi, rektor menyampaikan nilai publikasi artikel internasional USU yaitu 0,8,  artinya belum mencapai satu dosen satu artikel. Sebanyak 400 dosen belum memiliki artikel terindeks Scorpus.

Untuk itu pihaknya memfasilitasi program penulisan artikel dan memberi penghargaan kepada dosen yang memiliki produktivitas tulisan yang tinggi melalui Program EQUITY dan program di Lembaga Inovasi Penulisan Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPIHKI).

"Kami sangat berharap dalam waktu dua tahun, satu dosen harus memiliki satu jurnal," katanya.

Baca juga: Universitas Sumatera Utara kukuhkan lima guru besar  

Dalam hal pengabdian kepada masyarakat,kata dia,  jumlah riset dosen USU masih sedikit yang sesuai dengan Prioritas Riset Nasional (PRN) dan USU masih kesulitan memanfaatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) menjadi produk industri.

Karenanya ia menekankan pengabdian kepada masyarakat harus diarahkan ke tema-tema khusus yang dibutuhkan oleh masyarakat berdasarkan tren bisnis dan industri.

"Selain tiga hal itu, isu penting lainnya pada tahun 2024 yaitu indikator kinerja utama, program digitalisasi, perbaikan infrastruktur prioritas, dan pengembangan kluster keilmuan," katanya.

Baca juga: USU jalin kerja sama dengan Chiba University of Commerce Jepang
 
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024