Jadi sesuai hasil penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 1990-an, secara hipotetik Kabupaten Nunukan memiliki ptensi aspal yang mencapai puluhan juta meter ton di (Kecamatan) Sebuku,"
Nunukan (ANTARA News) - Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengungkapkan bahwa Kabupaten Nunukan memiliki cadangan aspal hingga puluhan juta ton meter kubik yang terletak di Kecamatan Sebuku.

Hanafiah, Kepala Distamben Kabupaten Nunukan, di Nunukan, Kamis mengatakan, data hipotetik potensi aspal tersebut telah pernah diteliti pada 1990-an dan telah dipresentasikan pada pertemuan di Yogyakarta dengan cadangan kandungan aspal mencapai 27 juta meter ton.

"Jadi sesuai hasil penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 1990-an, secara hipotetik Kabupaten Nunukan memiliki ptensi aspal yang mencapai puluhan juta meter ton di (Kecamatan) Sebuku," terang dia.

Ia juga menjelaskan, cadangan kandungan aspal di kecamatan itu bukan hanya berjumlah sebanyak itu tetapi diperkirakan bisa lebih dari hasil penelitian tersebut sehingga potensinya sangat besar dan layak untuk dikelola secara berkesinambungan.

Mengenai potensi aspal di Kabupaten Nunukan, kata dia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menawarkan kepada sejumlah perusahaan dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi.

Selain aspal, di sekitar daerah itu juga ditemukan kandungan gas yang mencapai 23 triliun meter kubik yang berada sekitar 3.000 meter di bawah tanah sehingga pengeboran tidak bisa dilakukan secara konvensional.

Soal keberadaan kandungan gas di Kabupaten Nunukan, Hanafiah menjelaskan, sedang disusun regulasi pengelolaannya oleh Kementerian ESDM RI karena cadangannya cukup besar makanya membutuhkan tenaga ahli.

Ia mengemukakan, masalah sektor minyak dan gas kewenangan perizinan dan penawaran pengelolaannya berada di bawah kendali Kementerian ESDM RI sedangkan peranan pemerintah daerah hanya menfasilitasi dan mensosialiasikannya kepada masyarakat.

Pewarta: M Rusman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014