London (ANTARA News) - Pasar saham utama Eropa melemah pada pembukaan perdagangan, Selasa, karena para dealer mengamati krisis utang Yunani, ketidakpastian prospek AS, dan berita PHK besar di raksasa perbankan HSBC.

Indeks acuan FTSE 100 perusahaan utama di London merosot 0,06 persen menjadi 6.784,68 poin, dengan saham HSBC turun 1,0 persen menjadi 613,30 pence.

Di Frankfurt, indeks DAX 30 turun 0,36 persen menjadi 11.025,08 poin dan indeks CAC 40 di Paris berkurang 0,18 persen menjadi 4.849,12 dibandingkan dengan tingkat penutupan pada Senin.

HSBC, yang dilanda skandal, mengatakan pada Selasa akan memberhentikan karyawannya hingga menjadi 50.000 sebagai bagian dari restrukturisasi yang mengharuskan penarikan diri dari Brazil dan Turki. Bank tersebut juga sedang mempertimbangkan meninggalkan London sebagai kantor pusatnya.

Dalam sebuah pernyataan kepada bursa saham Hong Kong, HSBC juga mengatakan mereka berniat untuk menghemat lima miliar dolar AS pada biaya tahunan dalam waktu dua tahun.

Sementara itu, pasar Turki lebih tenang pada Selasa setelah penuh gejolak pada hari pertama perdagangan, menyusul kekalahan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam pemilihan umum akhir pekan..

Indeks saham utama Turki merosot 0,76 persen pada pembukaan Selasa, setelah kehilangan lima persen pada Senin.

Lira Turki berfluktuasi di sekitar 2,75 terhadap dolar, setelah pada Senin sempat menembus 2,8 terhadap tingkat dolar untuk pertama kalinya.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015