Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa beringsut lebih rendah pada pembukaan perdagangan Selasa, karena penambang memimpin penurunan di tengah kekhawatiran perlambatan permintaan dari China, dengan investor juga berhati-hati menjelang pemilihan paruh waktu AS yang akan menentukan kendali Kongres.

Indeks STOXX 600 turun 0,4 persen pada pukul 08.08 GMT. Indeks sumber daya dasar Eropa melemah 0,8 persen, mengikuti penurunan harga logam dasar di tengah memudarnya harapan China melonggarkan kebijakan ketat nol-COVID.

Raksasa produsen barang fesyen mewah, termasuk LVMH dan Hermes International, yang memiliki eksposur besar ke China, juga merosot masing-masing 0,9 persen dan 1,3 persen.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, ekuitas pertambangan dan barang mewah jatuh

Pasar sekarang mengamati pemilihan paruh waktu AS di kemudian hari, dengan analis memperkirakan kemenangan Partai Republik dan akibatnya akan mengarah pada potensi pemerintahan yang terpecah. Hasil konklusif bisa memakan waktu berhari-hari.

Pandora melonjak 7,5 persen ke puncak STOXX 600 karena pembuat perhiasan Denmark itu melaporkan penjualan kuartal ketiga sedikit di atas ekspektasi.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik, di tengah harapan pembukaan kembali China
Baca juga: Rubel turun tipis terhadap dolar, mundur dari tertinggi dua minggu

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022