Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka melayang di dekat level tertinggi tiga bulan pada Rabu, karena reli saham komoditas mengimbangi kelemahan saham Credit Suisse menyusul peringatan labanya, dengan investor menunggu data aktivitas bisnis, indeks manajer pembelian (PMI) sebagai petunjuk kesehatan ekonomi zona euro.

Indeks STOXX 600 di seluruh Eropa datar pada pukul 08.05 GMT, setelah mencapai level terkuatnya sejak akhir Agustus di sesi sebelumnya. Saham minyak & gas dan pertambangan memperpanjang kenaikan untuk sesi kedua, dan masing-masing menguat 0,9 persen.

Saham berjangka AS stabil karena investor mengamati risalah pertemuan November Federal Reserve yang dapat menawarkan petunjuk baru tentang jalur suku bunga.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat, didukung "rebound" minyak, pertambangan

Bank Sentral Eropa (ECB) akan merilis risalah rapatnya sendiri pada Kamis (24/11/2022).

Indeks PMI S&P Global November untuk zona euro dan Inggris juga berada di radar investor, dengan data diperkirakan menandakan kontraksi lebih lanjut dalam aktivitas bisnis.

Credit Suisse anjlok 4,2 persen setelah pemberi pinjaman Swiss itu mengatakan pihaknya memperkirakan membuat kerugian sebelum pajak hingga 1,5 miliar franc Swiss (1,58 miliar dolar AS) untuk kuartal keempat.

Baca juga: Rubel Rusia menguat jelang tiga lelang obligasi OFZ

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022