London (ANTARA) - Pasar saham Eropa naik pada awal perdagangan Selasa, menyusul kemerosotan dua hari karena ekuitas perbankan mendorong bursa didukung ekspektasi suku bunga yang lebih tinggi, meskipun kekhawatiran seputar krisis energi yang berkembang dan resesi yang membayangi menahan kenaikan.

STOXX 600 pan-Eropa terangkat 1,0 persen, setelah aksi jual sekitar 2,5 persen selama dua sesi terakhir, didorong oleh nada hawkish yang disampaikan oleh pembicara Bank Sentral Eropa (ECB) dan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell, yang meningkatkan ekspektasi kenaikan suku bunga.

Saham bank, yang cenderung diuntungkan dari lingkungan suku bunga yang lebih tinggi, melonjak 2,2 persen setelah para pedagang memperkirakan lebih dari dua pertiga peluang pergerakan 75 basis poin pada pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) pada 8 September.

"Sejumlah pejabat ECB mendukung kenaikan suku bunga, tetapi yang lebih penting adalah apakah pasar memiliki kepercayaan pada ECB untuk melakukan pengetatan secara signifikan terlepas dari semua kesulitan," kata analis Commerzbank, Esther Reichelt.

"Dengan sebuah pandangan ke musim dingin yang akan datang dan ancaman krisis energi, investor cenderung tetap berhati-hati," tambah Reichelt.

Rencana penghentian tiga hari pasokan gas alam ke Eropa oleh raksasa energi Rusia Gazprom melalui pipa Nord Stream 1 akan dimulai pada Rabu (31/8/2022)

Baca juga: Saham Eropa anjlok karena pembuat kebijakan berusaha jinakkan inflasi

Pada Senin (29/8/2022), menjelang penghentian, menteri ekonomi Jerman Robert Habeck mengatakan negara itu menghadapi "kenyataan pahit" bahwa Rusia tidak akan mengembalikan pasokan gas ke Jerman. Secara terpisah, beberapa surat kabar Italia melaporkan pada Selasa bahwa Berlin bersedia mempertimbangkan pembatasan harga untuk gas.

Indeks DAX naik 1,6 persen untuk menjauh dari posisi terendah enam minggu. Sementara itu, IBEX Spanyol naik 1,1 persen. Harga konsumen nasional Spanyol naik 10,4 persen tahun ke tahun pada Agustus, turun dari 10,8 persen bulan sebelumnya, data awal menunjukkan.

Di antara saham individu, saham Sanofi menguat 1,0 persen setelah obat yang dikolaborasikan oleh perusahaan serta SOBI Swedia diberikan tinjauan prioritas oleh Badan Makanan dan Obat-obatan AS (FDA). saham SOBI juga bertambah 1,0 persen.

Gazprom telah memberi tahu Engie bahwa pihaknya mengurangi pengiriman gas mulai Selasa karena ketidaksepakatan antara pihak-pihak tersebut, kata utilitas Prancis. Saham Engie naik 1,1 persen di awal perdagangan.

Adevinta melonjak 14,1 persen setelah perusahaan iklan baris terbesar di dunia itu melaporkan hasil kuartalan yang optimis. Aker Solutions Norwegia melonjak 5,5 persen setelah perusahaan mengumumkan akan membentuk usaha patungan teknik bawah laut dengan Schlumberger.

Baca juga: Saham Eropa perpanjang aksi jual, dipicu lonjakan harga energi-resesi

Baca juga: Saham Eropa naik jelang risalah ECB, terkerek sektor energi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022