Tomohon (ANTARA) - Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya saat menghadiri "Tomohon International Flower festival" (TIFF) berharap Sulawesi Utara (Sulut) menjadi destinasi wisata berkelas dunia.

"Syukur atas pelaksanaan TIFF dan selamat untuk Kota Tomohon. Tournament of Flower atau ToF menjadi trending topik di Indonesia," sebut Menteri Arief di Tomohon, Kamis.

Menurut Menteri, Festival Bunga Internasional Tomohon ditetapkan dalam kalender wisata nasional, kalender internasional tahun 2020 dan sebagai karnival bunga terbaik nasional.

"Sulut menjadi destinasi superioritas," ujarnya.

Sulut lanjut Menteri, terpilih sebagai "The Rising Star" dalam laju pertumbuhan dan tingkat kunjungan wisatawan di Indonesia.

Pertumbuhan kunjungan wisatawan naik lima kali lipat atau sebesar 580 persen untuk Provinsi Sulut, sementara sebesar 517 persen untuk Kota Tomohon.

"Presiden berjanji meningkatkan kapasitas bandara Sam Ratulangi Manado naik tiga kali lipat," ujarnya.

Pada 15 Juli 2019 lalu, lanjut Menteri, Presiden mengundang lima gubernur untuk membahas lima destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Sulut.

"Tahun 2020 anggaran untuk menunjang kepariwisataan meningkat sangat drastis dan Presiden mengharapkan semua fasilitas penunjang harus lengkap," jelasnya.

Menpar Arief kemudian mempersilahkan Kota Tomohon mengusulkan kawasan yang luas untuk pengembangan sektor pariwisata.

Baca juga: Presiden Jokowi janjikan perbaikan kawasan wisata Sulut rampung 2020

Baca juga: Presiden ingin ada kegiatan wisata tahunan di Sulut

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019