Jamaah salat Idul Adha "geruduk" Masjid Raya Jakarta

Jamaah salat Idul Adha "geruduk" Masjid Raya Jakarta

Ribuaan Jamaah tiba di Masjid Raya atau Masjid KH Hasyim Asy’ri di Jakarta, Minggu (11/8/2019). (ANTARA/Galih Pradipta)

Jakarta (ANTARA) - Ribuan jamaah melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Raya KH Hasyim Asyari atau Masjid Raya Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat pada Minggu pagi.

Pantauan ANTARA para jamaah tak hanya memenuhi bagian dalam masjid namun jamaah sampai ke teras Masjid Raya Jakarta.

Baca juga: Anies sumbang "limosin" untuk Pemprov DKI Jakarta

Adapun Salat Idul Adha dimulai pukul 06.30 WIB yang dipimpin oleh Imam KH Arwani Achmad A-Hafidz. Sedangkan yang bertugas sebagai khotib adalah KH Faruq Hamdi yang mengangkat tema “Makna dan Spirit berkurban”.

Seusai salat dan mendengarkan khutbah Idul Adha jamaah langsung membubarkan diri dengan tertib karena proses penyembelihan hewan kurban baru akan dilaksanakan pada Senin (11/8).

Baca juga: Masjid Hasyim Asy'ari laksanakan pemotongan hewan kurban Senin

"Proses penyembelihan hewan baru akan dilakukan besok pagi dan pembagian dagingnya akan dilakukan siangnya hari ini kegiatannya cuman Shalat Idul Adha," kata Panitia Pelaksanaan Hewan Kurban Masjid Raya KH Hasyim Asyari M Hatta.

Hewan kurban sapi yang ada di Masjid Raya ini terdapat dua ekor. Namun, Ia mengatakan hewan kurban di masjid itu akan terus bertambah, sehingga pemotongan baru dilaksanakan besok.

Baca juga: 159 petugas Sudin KPKP Jakbar pantau kesehatan hewan kurban

Nantinya, setelah dipotong, daging hewan kurban itu akan dibagikan ke warga yang berhak mendapatkannya di sekitar Masjid.

"Biasanya kupon dialokasikan kepada masyarakat Kelurahan Semanan, Kelurahan Kosambi dengan panti asuhan serta panti sosial di luar kelurahan itu, sekitar 1.000 kupon yang sudah disiapkan buat warga," kata Hatta.

Pewarta: Galih Pradipta
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

MUI terbitkan fatwa shalat Idul Adha

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar