Wagub Sulteng: Korban bencana butuh kepastian hunian tetap

Wagub Sulteng: Korban bencana butuh kepastian hunian tetap

Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Wapres H.M. Jusuf Kalla menyalami Wagub Sulteng Rusli Dg Pallabi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (26-8-2019). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Baco Dg Pallabi mengatakan para korban bencana gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Sigi sangat membutuhkan kepastian hunian tetap.

“Alhamdulillah, hari ini saya selesai dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo dan secepatnya akan bekerja membantu Gubernur Sulteng Longki Djanggola untuk melaksanakan tugas-tugas penangangan pascabencana," kata Rusli kepada ANTARA di kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Senin.

Rusli menjelaskan kepastian hunian tetap untuk korban bencana merupakan hal prioritas karena rumah layak untuk tempat hidup mereka dan dapat menjadi langkah awal pemulihan perekonomian sehingga tidak ada informasi simpang siur lagi yang seakan-akan Pemprov tidak memberikan perhatian kepada korban bencana.

Baca juga: Wagub Sulteng undang investor bangun industri

Rusli memastikan Pemprov Sulteng sangat serius untuk menyelesaikan persoalan pascabencana, khususnya pembangunan infrastruktur, fasilitas sosial, dan tempat tinggal korban bencana.

"Yang penting adalah kerja sama antarsemua pemangku kebijakan di Sulteng," ujar politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Presiden Joko Widodo melantik Rusli Baco Dg Pallabi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8), menggantikan Sudarto yang meninggal dunia pada tanggal 1 Oktober 2016.

Pelantikan itu tercantum dalam surat Keputusan Presiden RI No66/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan tahun 2019 s.d. 2021 yang dibacakan pada hari Senin.

Baca juga: Rusli Baco Dg. Palabi terpilih menjadi Wagub Sulteng

Jokowi telah mengambil sumpah jabatan Rusli sebagai Wagub Sulteng di Istana Negara yang disaksikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla beserta sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, serta Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Rusli Dg Pallabi merupakan politikus PAN salah satu partai pengusung pasangan Longki Djanggola dan Sudarto pada periode kedua. Jabatan Wagub Sulteng kosong sejak Oktober 2016 setelah Sudarto meninggal dunia.

Pada tanggal 8 Juli 2019, DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dalam rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur Sulteng mempercayakan Rusli Baco mengisi jabatan wagub setelah melalui pemilihan yang cukup panjang.

Baca juga: Wagub Sulteng H. Sudarto meninggal dunia
Wagub Sulteng Rusli Dg Pallabi didampingi istri menyalami wartawan usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (26-8-2019). ANTARA/Fauzi

Pewarta: Fauzi Lamboka
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

TNI AU kirim 5 ton bantuan warga Papua ke Sulteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar