KBRI Doha selenggarakan pameran produk Indonesia pertama di Qatar

KBRI Doha selenggarakan pameran produk Indonesia pertama di Qatar

Duta Besar LBBP RI untuk Qatar Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi membuka Pameran Produk Indonesia "Gateway to Indonesian Products" di Doha, pada 17 November 2019. (foto: KBRI Doha / Fardah) (KBRI Doha)

Kami sangat berharap pameran ini akan membuka peluang kerja sama bisnis dan kolaborasi antara kedua negara khususnya di bidang perdagangan dan investasi
Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha di Qatar untuk pertama kali menyelenggarakan Pameran Produk Indonesia yang mengangkat tema "Gateway to Indonesian Products" pada 17-19 November 2019.

Pameran dagang tersebut dibuka oleh Duta Besar RI untuk Qatar Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi, kata Syifa Amori, pelaksana Fungsi Protokol Konsuler KBRI Doha, dalam pernyataan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

“Kami sangat berharap pameran ini akan membuka peluang kerja sama bisnis dan kolaborasi antara kedua negara khususnya di bidang perdagangan dan investasi,” kata Dubes RI Muhammad Basri saat membuka acara tersebut. 

Pameran solo itu diikuti oleh lebih dari 40 perusahaan Indonesia yang menawarkan produk-produk unggulan mereka seperti kertas, pakaian jadi, perhiasan, arang, peralatan medis, makanan, produk teknologi informasi, layanan tenaga kerja, furnitur, dan ban.

Menurut data Kamar Dagang Qatar, neraca perdagangan kedua negara meningkat 154 persen menjadi 877 juta dolar AS pada 2018, dari 346 juta dolar AS pada 2017.

Baca juga: Qatar investasi 500 juta dolar untuk pariwisata Indonesia

Ekspor Qatar ke Indonesia naik sebesar 728 juta dolar AS pada 2018. Ekspor Indonesia ke Qatar juga meningkat 148 juta dolar AS pada tahun yang sama.

Dubes Muhammad Bari mengatakan ia yakin potensi nilai dagang dan investasi antara Qatar dan Indonesia bisa ditingkatkan lagi hingga mencapai jauh lebih besar dari nilai selama ini.

“Oleh karena itu, Indonesia Expo 2019 diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut,” ujar Dubes.

Delegasi dagang dari KADIN pusat mau pun KADIN cabang Aceh juga berpartisipasi dalam pameran yang memfasilitasi komunikasi dan kontak antara para pengusaha Indonesia dan mitra mereka di Qatar.

Pameran ini juga diharapkan dapat lebih mempererat hubungan bilateral kedua negara yang selama ini telah menjalin kerja sama di berbagai bidang.

Baca juga: Qatar serius berinvestasi di Mandalika, NTB
 

Pewarta: Fardah
Editor: Rahmad Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar