Makassar (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menyiagakan 89 pos pengamanan dan layanan untuk perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 melalui sandi "Operasi Lilin 2019".

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo, di Makassar, Selasa, mengatakan Operasi Lilin 2019 akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan langsung dipimpin Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Idham Azis.

Baca juga: Polresta Banjarmasin tingkatkan keamanan jelang Natal dan Tahun Baru

"Operasi Lilin diselenggarakan serentak diseluruh Indonesia. Operasi Lilin akan digelar selama 10 hari mencakup perayaan Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Ia mengatakan Operasi Lilin 2019 membagi dua pos yakni pos pengamanan serta pos pelayanan. Untuk pos pengamanan sebanyak 57 dan pos pelayanan sebanyak 32 yang total secara keseluruhan sebanyak 89 pos.

Baca juga: Polres Kubu Raya siap amankan perayaan Natal

Tompo menyatakan operasi lilin digelar untuk memastikan perayaan tersebut terhindar dari gangguan keamanan dan terciptanya ketertiban masyarakat jelang perayaan Natal 2019 dan menyambut Tahun Baru 2020.

"Operasi Lilin 2019 Polda Sulawesi Selatan digelar selama 10 hari sejak 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Jumlah pasukan yang diterjungkan dari jajaran Polda Sulsel sebanyak 3.129 personel ditambah personil instansi terkait lainnya sebanyak 2.501 orang, jadi secara keseluruhan terdapat 5.630 personil yang akan terlibat," katanya.

Baca juga: Polda NTT siapkan ribuan personel amankan Natal-Tahun Baru

Ia memastikan jajaran Polda Sulawesi Selatan siap memberikan rasa aman kepada masyarakat sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Sulsel berlangsung lancar.

"Pengamanan akan terpusat di beberapa lokasi, diantaranya objek wisata, tempat ibadah, bandara, pelabuhan, dan pusat keramaian lainnya," ucapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019