Polri Peduli Penghijauan Polrestro Jaksel tanam bibit pohon di Ragunan

Polri Peduli Penghijauan Polrestro Jaksel tanam bibit pohon di Ragunan

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama menyaksikan Ketua Bhayangkari Polres Jakarta Selatan menanam pohon di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (10/1/2020) (ANTARA/HO-Kapolres Metro Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan pada Jumat menanam 1.500 bibit pohon di Taman Margasatwa Ragunan dalam rangka
mendukung program kerja Kapolri, yakni "Polri Peduli Penghijauan".

Penanaman dipimpin oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama dan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali serta Dandim 0504 Kolonel Arhanud Toni Aris Setyawan dan diikuti seluruh jajaran Polres dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda).

"Penanaman ini dilakukan serentak di Polres dan seluruh jajaran Polsek di wilayah Jakarta Selatan. Ini program Kapolri, yakni 'Polri Peduli Penghijauan'," kata Bastoni.

Menurut Bastoni, Kapolri menginstruksikan jajarannya untuk melakukan penanaman serentak adalah sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan saat ini.

Penanaman tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem, mengantisipasi banjir dan untuk keseimbangan alam.

"Menanam pohon juga sebagai warisan untuk anak cucu kita di masa akan datang, jangan sampai kita meninggalkan bumi yang rusak untuk mereka," kata Bastoni.

Baca juga: Polda Metro Jaya tanam 1.000 pohon di hutan kota
Baca juga: Kapolri luncurkan program penanaman pohon mencegah banjir longsor


Hujan gerimis tidak menyurutkan semangat anggota Polres Metro Jakarta Selatan beserta pihak terkait tetap melakukan penanaman pohon di sejumlah titik yang telah disediakan.

Penanaman dipusatkan di Taman Margasatwa Ragunan sebagai ikon Jakarta sehingga bisa menggaungkan kepada masyarakat untuk sama-sama peduli lingkungan.

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon produktif seperti buah-buahan dan berkayu keras seperti pohon mangga, rambutan, jambu, kelengkeng, trembesi, ketapang dan masih banyak lainnya.

Bastoni mengatakan 1.500 pohon tersebut ditanam secara bertahap dan ditargetkan tuntas seluruhnya ditanam hingga minggu depan.

"Karena keterbatasan lahan dan juga personel yang menanam maka dilakukan bertahap, target penanaman selesai minggu depan," kata Bastoni.

Penanaman pohon ini bukan yang pertama kali dilakukan. Penanaman juga telah dilakukan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan sejak dua minggu yang lalu.

​​​​"Ke depan penanaman ini akan jadi agenda rutin jajaran Polres Metro Jakarta Selatan karena menanam pohon sama dengan menanam kebaikan. "Apalagi kalau pohonnya tumbuh dan terawat," kata Bastoni.
Baca juga: Ragunan tak terendam banjir dan beroperasi normal hingga 17.00 WIB
Baca juga: Pengunjung Kebun Binatang Ragunan tembus 92.880

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar