Miami, (ANTARA News) - Seorang gadis berusia 14 tahun selama empat bulan hidup dengan pompa eksternal pengganti jantung untuk menunggu bedah transplantasi.

AFP melaporkan, D'Zhana Simmons menderita  cardiomyopathy yang sudah meluas. Kondisi itu berarti jantung yang sudah melemah dan membesar sehingga tidak bisa memompa darah secara efisien.

Menurut para dokter di Florida Amerika Serikat, sebelumnya Simmons menjalani bedah transplantasi pada bulan Juli namun jantung itu menolak tubuh baru. Para dokter tidak punya jantung untuk transplantasi kedua, karena itu si remaja terpaksa hidup dengan pompa eksternal jantung artifisial.

Setelah Simmons dipasangi alat itu, para dokter mencabut jantung transplantasi. Biasanya, jantung transplantasi dan jantung mekanikal dipasang bersama untuk pasien transplantasi.

Para dokter di Holtz Children's Hospital akhirnya mendapatkan jantung manusia  dan operasi bedah untuk mengganti jantung artifisial dengan jantung transplantasi berlangsung pada tanggal 29 Oktober. (*)  

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008