Kita tetap antisipasi karena ada penerbangan dari Manado dan Denpasar
Ambon (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Pattimura Ambon memasang alat thermo scanner, mendeteksi suhu tubuh penumpang untuk mencegah penyebaran Vrus Corona.

"Langkah koordinasi telah dilakukan dengan instansi terkait yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan, dengan tujuan mengantisipasi pencegahan penularan Virus Corona, bagi penumpang yang masuk melalui pintu kedatangan," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Amiruddin Florensius, Senin.

Ia mengatakan langkah antisipasi penanganan Virus Corona dilakukan bagi penumpang domestik, karena Bandara Pattimura belum ada penerbangan internasional berjadwal dari dan ke Ambon.

"Kita tetap antisipasi karena ada penerbangan dari Manado dan Denpasar, " katanya.

Mekanisme pemeriksaan alat pemindai suhu tubuh yakni penumpang yang melewati alat tersebut jika terdeteksi suhu di atas 38 derajat, maka penumpang akan dibawa ke ruang isolasi KKP.

"Penumpang langsung dibawa ke ruang isolasi KKP Bandara Pattimura, setelah dilakukan pemeriksaan dan jika penumpang terdeteksi Virus Corona maka akan dirujuk ke RS terdekat di kota Ambon yakni RSUD Dr Haulussy," ujarnya.

Pemeriksaan, kata Amiruddin, bukan hanya untuk pesawat domestik, tetapi juga pesawat carter (sewa) dari luar.

Petugas ground handling akan memberitahukan KKP, selanjutnya pemeriksaan dilakukan bagi penumpang dan awak kabin di dalam pesawat menggunakan akan alat thermo meter digital.

"Kita mengantisipasi penanganan dan penularan Virus Corona di Bandara Pattimura Ambon, kita tetap pantau setiap penumpang untuk antisipasi, " tandasnya.

Sejauh ini katanya, belum ada laporan penumpang yang terindikasi Virus Corona.

Baca juga: Seorang wisatawan Hongkong di Raja Ampat diduga terinfeksi Corona

Baca juga: Kemarin, virus corona hingga banjir yang merendam Kabupaten Bandung




 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020