Jakarta  (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Hassan Wirajuda, Rabu sore, di Gedung Deplu, Pejambon, Jakarta Pusat, melakukan pertemuan dwi pihak dengan Menlu Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton.

Hillary Clinton dan rombongan tiba di Gedung Deplu sekitar pukul 16.30 WIB dengan diiringi lebih dari 10 kendaraan.

Setibanya di Gedung Deplu, Hillary disambut Hassan Wirajuda beserta sejumlah pejabat Deplu lainnya.

Nampak hadir Dubes Indonesia untuk AS Sudjatnan Parnohadiningrat, Juru Bicara Presiden Dino Patti Djalal, dan Juru Bicara Deplu Teuku Faizasyah.

Dalam jadwal acara disebutkan, setibanya di Gedung Deplu, Hillary akan mengisi buku tamu, melakukan pertemuan empat mata dengan Menlu Hassan Wirajuda dan melakukan pertemuan dwi pihak antara delegasi kedua negara.

Setelah pertemuan dwi pihak delegasi kedua negara, akan dilanjutkan dengan jumpa pers bersama.

Menlu AS Hillary Clinton sebelumnya tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 14.08 WIB dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 757-200.

Kunjungan ke Indonesia merupakan rangkaian kunjungan luar negerinya ke Asia. Setelah Jepang dan Indonesia, Hillary juga dijadwalkan mengadakan lawatan ke Korea Selatan dan China.

Asia menjadi kawasan pertama yang dikunjunginya sejak Hillary dipercaya sebagai Menlu oleh Presiden AS Barack Obama.

Di Indonesia, Hillary dan mitranya Menlu RI Hassan Wirajuda akan membahas berbagai isu aktual khususnya pembangunan hubungan bilateral yang lebih baik dalam komitmen yang komprehensif.

"Masalah-masalah regional dan internasional yang menjadi perhatian kedua negara juga akan diagendakan dalam pertemuan ini," ujar Hassan.

Menlu RI menambahkan, sepanjang RI-AS menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia, demokrasi, dan pluralisme, ada cukup alasan untuk mengeratkan hubungan bilateral. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009