Manado (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) optimis pembangunan sejumlah infrastruktur penunjang kegiatan World Ocean Conference (WOC) di Manado, 11-15 mei 2009, akan selesai tepat waktu.
    
Khusus pembangunan jalan Bandara Samrat Manado hingga Mapanget, yang melewati lokasi kegiatan WOC, akan tuntas awal Mei 2009, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut, Alex Wowor, di Manado, Selasa. 
   
Pembangunan jalan sepanjang 7,7 kilometer (km) dengan anggaran sekitar Rp45 miliar itu, terus dimatangkan pihak perusahaan, Multi Struktur.
    
Sejumlah kendala seperti pembebasan lahan milik warga hingga utilitas milik sejumlah instansi, seperti Telkom, PT Air Manado (PDAM), PT Angkasa Pura, sudah diselesaikan dengan baik.
    
Ada jembatan penghubung jalur pembangunan jalan itu akan mengalami keterlambatan penyelesaian, namun tidak akan mengganggu kegiatan WOC, katanya.
    
Sementara pembangunan apron dan Garbarata di Bandara Samrat Manado, juga sementara dioptimalkan.
    
Pemprov Sulut sempat mengalami kendala soal tambahan anggaran pembangunan tempat Informasi Center (IC) WOC di Grand Kawanua City Hotel (GKIC), dari penetapan awal hanya Rp3 miliar dan membengkak biaya pembangunan Rp5 miliar.
    
DPRD Sulut akhirnya merespon dengan menyetujui adanya pergeseran anggaran di APBD untuk pembenahan IC menjadi Rp5 miliar, tambahnya.(*)
 

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009