Staf Ahli Menteri: Koperasi dapat menaikkan kelas UMKM

Staf Ahli Menteri: Koperasi dapat menaikkan kelas UMKM

Staf Ahli Menteri Bidang Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto didampingi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat mengunjungi Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh, Kamis (12/3). (ANTARA/Akmal Saputra)

Jangan setiap UMKM itu memiliki model sendiri-sendiri, tapi tidak jelas
​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Pengelolaan koperasi modern dapat mempermudah dan dapat menaikkan kelas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kata Staf Ahli Menteri Bidang Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto.

"Kehadiran pengelolaan koperasi modern seperti Koperasi Iko Sero yang ada di Payakumbuh ini merupakan hal yang positif dan suatu improvisasi dalam rangka menaik kelas kan UMKM dengan pengelolaan yang lebih modern," katanya seusai mengunjungi Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Kamis.

Adanya inisiasi menjadikan produksi rendang yang terpusat dan menjadi sebuah industri rendang yang diatur oleh koperasi ini dapat mempermudah masyarakat yang telah mempunyai produksi rendang.

"Kami tahu bahwa rendang di Kota Payakumbuh ini diproduksi oleh UMKM yang ada di sini. Jadi kalau ada koperasi ini, mereka bisa memproduksi di sini dan mengurus izin di sini," ujarnya didampingi Asisten Deputi Tata Laksana Koperasi dan UKM Hanfiah.

Dengan adanya koperasi yang membawahi UMKM ini akan membuat dan memastikan seluruh hasil produksi rendang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh koperasi.

Ia menyebutkan ada beberapa kota lain yang saat ini sedang mengembangkan pola koperasi modern seperti yang ada Payakumbuh saat ini.

"Saya baru melakukan peninjauan ke Koperasi Iko Sero yang ada di Payakumbuh ini. Memang ada kabupaten/kota lain yang sedang mengembangkan, ini yang kita sebut rumah produksi bersama," sebutnya.

Rumah produksi bersama ini merupakan langkah yang tepat dalam mengembangkan UMKM karena ada model yang jelas.

"Jangan setiap UMKM itu memiliki model sendiri-sendiri, tapi tidak jelas. Harapannya dengan digabungkan dalam satu koperasi ini semuanya dapat," katanya

Terkait produksi rendang yang ada di Payakumbuh, ia menilai sentra IKM rendang Payakumbuh telah siap mengelola rendang dengan jumlah yang banyak.

Dikesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan kunjungan ini untuk memastikan kesiapan, baik dari sentra IKM Rendang dan Koperasi Iko Sero.

"Kedatangan dari kementrian Koperasi dan UKM untuk memastikan apa yang terdengar selama ini bahwa koperasi modern dan UKM maju bisa tergambar dari Kota Payakumbuh. Terima kasih untuk dukungan pemerintah," ujarnya.

Diharapkannya, Koperasi Iko Sero ini dapat menjadi satu persembahan dari Kota Payakumbuh untuk kemajuan pengelolaan koperasi modern di Indonesia.  

Baca juga: Kementerian Koperasi UMKM pastikan kesiapan Payakumbuh ekspor rendang
Baca juga: Payakumbuh siap ekspor 480 ton bumbu rendang ke Arab Saudi

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kini rendang bisa jadi stok logistik kebencanaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar