Polresta Sidoarjo bantu edukasi pencegahan corona

Polresta Sidoarjo bantu edukasi pencegahan corona

Edukasi pencegahan virus corona oleh petugas Polresta Sidoarjo. ANTARA/HO-Polresta Sidoarjo

Kalau mau batuk atau bersin juga harus menutup bagian mulut dan hidung menggunakan tangan atau tisu
Sidoarjo (ANTARA) - Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur membantu edukasi pencegahan virus corona kepada masyarakat, sebagai upaya meminimalisasi penyebaran virus tersebut di daerah setempat.

Paurkes Polresta Sidoarjo, Ipda Rukwandi, di Sidoarjo, Senin, mengatakan pemberian edukasi itu perlu dilakukan supaya masyarakat menjadi lebih paham dan mengetahui cara mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

"Kami bersama instansi yang kain gencar mengedukasi masyarakat terkait upaya menangkal penyebaran virus corona (COVID-19)," katanya.

Ia mengatakan penekanan yang perlu dilakukan dalam sosialisasi itu tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun.

"Karena dengan mencuci tangan, maka penyebaran virus bisa diminimalisir. Dan masyarakat bisa dicegah supaya tidak terkena penyakit itu," katanya.

Ia mengatakan unit pelayanan publik terpadu Sidoarjo Melayani, tim Urkes Polresta Sidoarjo menyosialisasikan tata cara atau aturan cuci tangan yang tepat ke masyarakat, seperti cuci tangan harus dengan sabun atau hand sanitizer.

"Melalui membiasakan pola hidup bersih dan sehat, merupakan upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona. Nah inilah yang terus kita edukasi ke masyarakat," ujar dia.

Baca juga: Polres Lebak ajak warga budayakan hidup sehat, cegah corona

Ia menuturkan gerakan cuci tangan penting untuk mencegah penularan virus.

Ia menganjurkan masyarakat lebih sering mencuci tangan setelah melakukan aktivitas dan melakukan kontak dengan orang lain di mana pun.

Selain itu, kata dia, warga yang sakit, batuk, atau flu harus menggunakan masker untuk mencegah penularan virus.

"Kalau mau batuk atau bersin juga harus menutup bagian mulut dan hidung menggunakan tangan atau tisu," katanya.

Sebelumnya, petugas gabungan dari Polresta Sidoarjo, TNI, Dinas Kesehatan dan KAI, melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) di sarana publik, stasiun kereta api di Sidoarjo.

Upaya yang dilakukan Polresta Sidoarjo dan instansi terkait tersebut, dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke masyarakat yang ada di stasiun.

Bahkan, tidak hanya tangan masyarakat yang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan, namun petugas juga membersihkan dan menyemprotkan disinfektan ke beberapa bagian fasilitas di stasiun.

Petugas juga melakukan pengukuran suhu tubuh penumpang dengan thermal gun.

"Alhamdulillah setelah kami lakukan pengecekan dan pengukuran suhu tubuh masyarakat yang ada di stasiun sini, hasilnya normal semua. Semoga semua baik-baik saja, jangan sampai ada yang tertular virus corona," ujar Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Mujito.

Baca juga: Personel gabungan Kulon Progo bersihkan tempat umum, cegah COVID-19
Baca juga: Biddokes Polda Sumsel bekali polisi cara mencegah virus corona

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KPU Sultra siapkan bilik khusus pemilih terpapar COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar