Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi mengatakan pelaksanaan Konfrensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference/WOC) akan mampu mengangkat Manado menjadi tujuan wisata dunia baru di Indonesia.

"Acara ini penting untuk mengangkat citra Indonesia. Mata dunia akan tertuju ke sana, ini bisa menjadikan Manado sebagai tujuan wisata dunia baru selain Bali," kata Freddy kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, acara berskala internasional yang akan digelar pada 11-15 Mei 2009 di Manado tersebut akan mampu menghadirkan ribuan wisatawan asing. Bahkan ia memperkirakan akan ada 7.000 orang berkunjung ke kota tersebut di tahun 2010, masih terkait dengan acara kelautan.

Indonesia harus dapat memanfaatkan acara tersebut untuk menggerakan perekonomian di dalam negeri, terutama di Manado. "Hunian di sana akan penuh, dan paling tidak perekonomian masyarakat bergerak dari belanja souvenir wisatawan".

Lebih lanjut, ia mengatakan sudah saatnya Indonesia menciptakan daerah baru sebagai tujuan wisata dunia selain Bali. "Dunia sudah sangat mengenal Bali, tanpa promosi pun wisatawan akan datang ke pulau itu".

Untuk itu, menurut Freddy, dukungan media massa sangat penting terhadap pelaksanaan WOC yang diikuti dengan KTT "Coral Triangle Initiative" (CTI) ini, sehingga dukungan dunia mengalir demi kesuksesan acara tersebut.

Freddy pun mengakui masih kurangnya promosi terhadap pelaksanaan WOC dan CTI yang akan dilaksanakan kurang dari 17 hari lagi. Untuk itu, ia mendukung pelaksanaan lokakarya Organisasi Kantor Berita Asia Pasifik (OANA) yang mengangkat tema tentang "Peranan Media dalam Melestarikan Lingkungan Global" yang rencananya juga akan dilaksanakan di Manado pada 12-15 Mei 2009.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA, Saiful Hadi menjelaskan, acara lokakarya tersebut akan dihadiri oleh para pimpinan dan wartawan 40 kantor berita dari 33 negara di kawasan Asia Pasifik. Sehingga diharapkan agenda WOC dan CTI yang mencoba mengangkat dampak pemanasan global terhadap laut sekaligus melihat peran laut untuk mengatasi pemanasan global lebih diketahui dunia.

WOC dan CTI sendiri akan dihadiri oleh 4.000 partisipan dari 121 negara. Tidak kurang dari enam kepala negara pemilik "coral triangle" - Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon - , PM Australia Kevin Rudd, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton, mantan Wakil Presiden AS Al Gore, dan berbagai LSM lingkungan dunia dijadwalkan hadir pada acara tersebut.(*)


(T.V002/B/M012/M012) 24-04-2009 21:01:20

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009