Jakarta (ANTARA) - Kobe Bryan, Kevin Garnett dan Tim Duncan menjadi tiga dari sembilan sosok yang bakal dinobatkan dalam selasar prestasi atau Hall of Fame bola basket edisi 2020.

Laman resmi NBA pada Sabtu melansir bahwa selasar prestasi itu akan secara resmi disematkan pada upacara yang digelar di Springfield, Massachusetts, pada 29 Agustus nanti.

Selain ketiganya, enam penerima penghargaan lain adalah Eddie Sutton, Rudy Tomjanovic, Tamika Catchings, Kim Mulkey, Barbara Stevens dan Patrick Baumann.

Baca juga: Handuk perpisahan Kobe laku 33 ribu dolar AS dalam lelang

"Kelas 2020 ini harus diakui sebagai salah satu yang paling bersejarah sepanjang masa, atas talenta dan dampak sosial yang diperlihatkan kesembilan sosok ini," kata Presiden Naismith Memorial Basketball Hall of Fame.

Mendiang Kobe, yang meninggal dalam sebuah kecelakaan helikopter bersama putrinya Gianna dan tujuh orang lainnya pada 26 Januari, merupakan pebasket yang 18 kali masuk tim All-Star NBA serta pengoleksi lima cincin juara NBA bersama Los Angeles Lakers.

Duncan yang menghabiskan sepanjang kariernya di San Antonio Spurs tiga kali menjadi juara NBA dan 15 kali masuk tim All-Star

Garnett merupakan peraih 15 kali anggota tim All-Star, sembilan kali Tim Defensif Terbaik dan sekali juara NBA bersama Boston Celtics.

Baca juga: Balik ke Spurs, Tim Duncan jadi asistem pelatih

Sutton peraih empat kali gelar pelatih terbaik di kompetisi tingkat universitas.

Tomjanovich lima kali terpilih masuk tim All-Star NBA semasa menjadi pemain dan dua kali menjuarai NBA kala melatih Houston Rockets.

Catchings merupakan pemilik empat medali emas bola basket putri Olimpiade, 10 kali masuk tim All-Star WNBA serta sekali juara WNBA bersama Indiana Fever pada 2012.

Mulkey tiga kali memimpin Universitas Baylor menjuarai kompetisi putri tingkat universitas (NCAA) sebagai pelatih.

Stevens adalah peraih lima kali gelar Pelatih Terbaik di kompetisi putri tingkat universitas divisi II.

Sedangkan Baumann merupakan Sekretaris Jenderal FIBA sejak Januari 2003 hingga meninggal dunia pada 13 Oktober 2018.

Baca juga: NBA dan asosiasi pebasket tawar menawar soal potongan gaji
Baca juga: Corona masih menggejala, musim baru WNBA ditunda
Baca juga: Lillard tak setuju NBA geser permanen jadwal kompetisi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020