Refund tiket? Begini cara agar lebih cepat ditangani

Refund tiket? Begini cara agar lebih cepat ditangani

Ilustrasi (HO/tiket.com)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah telah menganjurkan masyarakat untuk berdiam diri di rumah dan menghindari perjalanan jarak jauh bila tidak ada kepentingan mendesak.

Ini menyebabkan konsumen yang sudah membeli tiket berbondong-bondong membatalkan dan meminta pengembalian dana (refund), fenomena yang terjadi di biro perjalanan daring.

Tiket.com menjanjikan semua permintaan bantuan yang masuk ke layanan konsumen akan ditangani dan ditindaklanjuti. Namun, permintaan yang melonjak selama masa pandemi COVID-19 membuat layanan konsumen memakan waktu yang lebih lama dari biasanya.

"Pelanggan dapat menghubungi Customer Care tiket.com melalui tiga saluran pilihan yaitu Whatsapp chat, email, dan telepon," kata tiket.com dalam keterangan resmi, Selasa.

Saat ini, konsumen disarankan untuk meminta bantuan lewat platform email dan Whatsapp chat karena tingginya permintaan bantuan yang masuk.

"Jangan lupa untuk menginformasikan Order ID dan detail perubahan yang diinginkan agar setiap permintaan bantuan yang masuk tercatat di sistem tiket.com dan akan segera ditindaklanjuti."

Bila tak kunjung direspons, sebaiknya jangan melakukan pengulangan permintaan bantuan berkali-kali untuk nomor Order ID yang sama.

Bila ini dilakukan, antrean permintaan bantuan di layanan konsumen semakin panjang, selain itu penanganan bisa jadi lebih lama karena verifikasi harus diulang.

"Pelanggan cukup menunggu Customer Care tiket.com untuk menghubungi dan mengecek e-mail atau Whatsapp secara berkala."

Jika ingin lebih mempersingkat waktu untuk membatalkan tiket pesawat dan hotel, disarankan untuk memanfaatkan fitur smart refund di aplikasi. Caranya, buka My Order, pilih penerbangan ke destinasi, klik opsi Refund dan pilih alasan Force Majeure.

Waktu yang dibutuhkan untuk menangani permintaan bantuan bervariasi.

Untuk jadwal keberangkatan di tiket pelanggan kurang dari 72 jam, permohonan akan diproses maksimal dalam 72 jam.

Jika jadwal keberangkatan di tiket pelanggan lebih dari 72 jam, permintaan akan diproses dalam waktu 72 jam sebelum tanggal keberangkatan.

Bagi konsumen yang sudah mengajukan refund untuk tanggal penerbangan yang sudah berlalu, tiket.com akan tetap memproses pengajuan pengembalian dana dan pelanggan akan dihubungi kembali melalui email dalam waktu 72 jam.


Baca juga: Pulih dari corona, situs-situs wisata di China dipadati pengunjung

Baca juga: Pelanggan tiket.com bisa berdonasi lewat loyalty point

Baca juga: Hadapi COVID-19, AP II sediakan informasi anjuran perjalanan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Asosiasi Travel Haji maklumi keputusan pemerintah batalkan haji tahun 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar