Staf Kepresiden apresiasi aksi bagi sembako "Spirit of Papua"

Staf Kepresiden apresiasi aksi bagi sembako "Spirit of Papua"

Tenaga ahli Deputi V dari Kantor Staf Presiden RI, Laus Deo Calvin Rumayom (kiri kedua). ANTARA/Alfian Rumagit/am.

Jayapura (ANTARA) - Tenaga ahli Deputi V dari Kantor Staf Presiden RI Laus Deo Calvin Rumayom mengapresiasi aksi dari grup "Spirit of Papua" yang membagikan atau menyalurkan sembako kepada warga yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya mewakili rekan-rekan staf ahli dari Kantor Presiden menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman dari Spirit of Papua yang begitu nyata aksinya kepada warga yang terdampak pandemi corona," katanya di Kota Jayapura, Rabu malam.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh grup Spirit of Papua yang diketuai oleh Samuel Tabuni, salah satu tokoh pemuda Papua asal pegunungan tengah yang mengkoordinasi anak-anak muda untuk bergabung menyalurkan sembako kepada yang berhak sangat tepat.

Baca juga: Polisi-DPRD Jayapura bagi 1.000 masker cegah COVID-19

Baca juga: Polres Jayawijaya dirikan pos awasi pemudik melewati jalan setapak


"Ini aksi yang baik, cara 'blusukan', suatu cara yang baik dan tadi saya juga ikuti penyaluran sembako di Kampung Yoka dan Puay oleh grup Spirit of Papua, yang difasilitasi dan didukung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab," katanya.

Laus mengaku berada di Kota Jayapura untuk melakukan monitoring di Provinsi Papua dan Papua Barat terkait dengan seluruh proses pemerintah dalam mempersiapkan langkah-langkah menangani COVID-19.

"Saran saya, penanganan COVID-19 ini agak berbeda dengan bencana alam, sehingga perlu perhatian ekstra dalam memberikan perhatian dan bantuan, terutama dari pemerintah setempat yang harus mempunyai protokol dan sinergi antara satu instansi dengan lainnya," katanya.

Ia mengatakan apa yang dilakukan oleh Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih yang turun langsung menemui warga di lapangan, merupakan salah satu pendekatan antropologi dan sosiologi yang bisa langsung melihat dan memahami permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Baca juga: Tujuh pasien positif COVID-19 di Jayapura dinyatakan sembuh

"Saya rasa ini adalah salah satu pendekatan yang baik, butuh perhatian ekstra dan berikan motivasi langsung kepada warga agar tidak takut dalam menghadapi pandemi corona. Harapannya para pemimpin di Papua bisa ikuti jejak dari Spirit of Papua dalam menghadapi pandemi corona," kata Laus.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Inf Herman Asaribab menyalurkan bantuan dari posko Spirit of Papua kepada dua kampung di Kota dan Kabupaten Jayapura, Rabu siang hingga petang.

Pemberian bantuan sembako pertama di lakukan di Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura dan kedua di Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

"Hari ini kami menyalurkan bantuan dari posko Spirit of Papua dan ini sudah pekan keempat bekerja menyalurkan 2000-an paket sembako kepada warga yang terdampak virus corona," katanya.

Dalam penyaluran bantuan itu, mantan Kapolda Papua Barat dan Sumut itu didampingi sejumlah pejabat Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih, di antaranya Dir Binmas Kombes Pol Nasihin, Dansat Brimob Polda Papua Kombes GC Mansnembra, Dir Intelkam Kombes Pol Alfred Papare, dan Kabid Humas Kombes Pol Kamal.

Baca juga: Pasien positif corona di Kabupaten Jayapura bertambah 2 jadi 27 orang

Lalu, Waaster Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Soumokil, Asintel Kolonel Inf Joe Sembiring, dan Danramil Abepura Kapten Inf Simbiak. Sementara dari posko Spirit of Papua hadir Samuel Tabuni (Ketua) dan Michael Yarisetouw, koordinator posko dan puluhan relawan lainnya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Inilah Tupoksi Kantor Staf Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar