London (ANTARA News) - Ali al Faraj melengkapi pengambilalihan kepemilikan Portsmouth, Senin, setelah klub Liga Utama Inggris tersebut menegaskan bahwa miliarder Arab Saudi itu telah membeli 90 persen saham dari Sulaiman al Fahim.

"Sulaiman al Fahim, pemilik klub sepak bola Portsmouth, telah menjual mayoritas -- 90 persen -- kepemilikan klub ke Falcondrone Limited, sebuah perusahaan milik Ali al Faraj," demikian pernyataan klub seperti dikutip Reuters.

"Kontrak telah ditandatangani antara kedua pihak hari ini untuk memungkinkan dana dicairkan untuk membayar pemain dan badan eksekutif."

Masalah keuangan Portsmouth diketahui pekan lalu ketika klub mengakui bahwa para pemain dan pelaksana klub belum dibayar, ketika mereka menang 1-0 atas Wolverhampton Wanderers -- poin pertama musim ini setelah kalah tujuh kali berturut-turut.

Pengusaha Uni Emirat Arab Al Fahim pekan lalu mengatakan bahwa ia ingin menyuntikkan dana 50 juta pound bagi klub itu untuk mengatasi masalah keuangan.

Namun hari Minggu ia menegaskan bahwa ia akan menjual mayoritas sahamnya ke Al Faraj.

Al Fahim tetap mempertahankan 10 persen sahamnya di klub itu dan akan tetap sebagai ketua non-eksekutif hingga akhir musim, kata klub itu.

"Pengambilalihan ini menjamin masa depan Portsmouth, dan akan menstabilkan keuangan klub," kata seorang jurubicara Portsmouth.

"Begitu proses pengambilalihan rampung, klub akan melakukan pendanaan kembali untuk menumbuhkan dan mengembangkan bisnis," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009