Rekomendasi ahli untuk perbaiki tekstur kulit kasar

Rekomendasi ahli untuk perbaiki tekstur kulit kasar

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Apa pun musimnya, selalu ada cara mengatasi masalah tekstur kulit akibat berbagai masalah mulai dari jerawat, atau alergi.

Ahli dermatologi bersertifikat dan Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi The Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner; dokter kulit bersertifikat sekaligus pendiri Tone Dermatology; Caroline Robinson serta ahli dermatologi Paul Jarrod Frank memiliki tips untuk membantu memerangi tekstur kulit yang tidak rata pada wajah dan tubuh Anda.

Berikut tips mereka dikutip dari Real Simple, Sabtu:

1. Masukkan pembersih eksfoliasi ke dalam rutinitas Anda
Baik itu exfoliator fisik atau kimia, bahan-bahan ini membantu menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan tekstur menurut Zeichner.
Pilih produk yang mengandung partikel pengelupas lembut sehingga tidak akan mengganggu lapisan kulit luar, dan bahan lain seperti lavender, dan ekstrak rumput laut untuk membantu menyeimbangkan kulit.

2. Pilih pengelupasan kulit kimia
"Saya lebih suka pengelupasan kimia pada kulit secara lembut daripada pengelupasan fisik karena itu menciptakan lebih sedikit gesekan dan peradangan dan memiliki hasil yang lebih seragam," kata Dr Robinson. Dia merekomendasikan produk yang memiliki campuran asam alfa dan beta hidroksi atau Anda dapat menggunakan masker semalam untuk memperbaiki dan mengelupas kulit Anda saat Anda tidur.

3. Jangan remehkan pelembap
Zeichner mengatakan, tingkat hidrasi kulit mulai menurun pada paruh kedua hari, menyebabkan kekeringan, pengelupasan, dan tekstur kasar. Dia menyarankan Anda menggunakan pelembap yang mengandung bahan-bahan penenang seperti niacinamide, atau masker yang dapat digunakan sebagai pelembap dan krim mata, atau pelembap khusus untuk kulit yang berjerawat.

4. Jangan lupa lembapkan tubuh
Sama seperti wajah Anda, tekstur kulit tubuh Anda bisa menderita jika tidak dilembapkan dengan benar. Robinson merekomendasikan produk mengandung gliserin, asam lemak, dan mikrodroplet untuk membantu mendukung penghalang kulit.

5. Perbaikan dengan retinol
Retinol mungkin merupakan bahan yang paling banyak dipelajari untuk memperbaiki penampilan garis-garis halus dan kerutan," kata Dr. Zeichner.

Dia menyarankan produk serum retinol di malam hari sebelum tidur untuk membantu merangsang pergantian sel dan produksi kolagen saat Anda tidur.

6. Jangan lupa tabir surya
Paparan sinar matahari terus menerus bisa menyebabkan banyak masalah pada kulit, termasuk kulit kusam, warna tidak merata, garis-garis halus, perubahan tekstur, dan peningkatan risiko kanker kulit, itulah sebabnya mengapa tabir surya sangat penting, kata Dr. Robinson. Dia merekomendasikan tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi, spektrum luas, dan tahan air.

7. Minta bantuan dokter kulit
Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit Anda tentang produk dan perawatan untuk membantu meningkatkan tekstur kulit Anda, termasuk mikrodermabrasi, microneedling, kulit yang lebih kuat, atau bahkan perawatan laser.


Baca juga: Tips cegah iritasi kulit saat menggunakan masker

Baca juga: Dampak sinar biru gadget untuk kesehatan kulit

Baca juga: Kulit sehat berkilau dengan masker wajah dari susu bubuk

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cegah penuaan dini dengan tabir surya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar