Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo mengatakan bahwa kasus Bank Century dapat memperburuk iklim investasi di Indonesia.

"Investor dunia tidak melihat kasus Century di Indonesia, tetapi jika kasus Century ini bisa membuat Menteri Keuangan dan Wakil Presiden dijatuhkan maka hancur kita," kata Agus Martowardojo, di sela Forum Dialog Bersama Otoritas dan Pelaku Ekonomi di Jakarta, Rabu.
.
Agus Martowardojo yang ketua Ikatan Bankir Indonesia (IBI) ini juga mengatakan bahwa di mata dunia Wakil Presiden Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani memiliki kinerja baik dalam perekonomian Indonesia.

"Dunia luar sangat menghormati mereka, maka kalau dijatuhkan akan membuat kepercayaan para investor akan hilang," kata Agus Martowardojo.

Direktur utama Bank Mandiri ini percaya masalah Bank Century dapat diselesaikan dan tidak berujung menjatuhkan kedua pejabat tinggi negara tersebut karena bisa mempengaruhi dunai investasi.

Sedangkan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sandiaga Uno, dalam acara yang sama, mengatakan bahwa kasus Bank Centuryini bisa makin memperburuk peringkat investasi di Indonesia.

Sandiaga mengatakan bahwa lembaga pemeringkat Moody`s menetapkan peringkat investasi indonesia di tingkat Ba2 atau termasuk non investment grade.

"Peringkat itu tergolong buruk karena semua negara G-20, termasuk Malaysia dan Singapura, masuk investment grade," katanya.

Menurut Sandiaga, dengan peringkat itu, berarti Indonesia berada setingkat atau bisa dibilang sejajar dengan negara dengan tingkat kondisi keamanan rendah seperti Nepal, Pakistan, dan Filipina. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009