Jakarta (ANTARA) - Jimmy Butler melakukan dua lemparan bebas saat tanpa sisa waktu untuk memberi unggulan kelima Miami Heat kemenangan kedua berturut-turut atas unggulan teratas Milwaukee Bucks, 116 - 114, dalam gim kedua semifinal bola basket NBA Wilayah Timur di Walt Disney World Complex dekat Orlando, Rabu (Kamis WIB).

Dua lemparan bebas Butler itu mengakhiri pertandingan yang berlangsung mendebarkan ditandai dua keputusan kontroversial oleh wasit.

Setelah membukukan kemenangan 115-104 di gim pertama, Heat memimpin dengan keunggulan 113-107 saat waktu tersisa kurang dari 20 detik.

Namun sang unggulan teratas tidak menyerah. Giannis Antetokounmpo kemudian melakukan dunk, dan Brook Lopez mencuri umpan Butler, mengubah menjadi layup yang memperkecil jarak menjadi dua poin dengan hanya 8,5 detik waktu tersisa.

Baca juga: Antetokounmpo dinobatkan sebagai Pemain Bertahan Terbaik NBA Tahun Ini
Baca juga: Menanduk Wagner, Giannis dilarang bermain satu pertandingan


Setelah Butler memasukkan hanya satu dari dua lemparan bebas untuk memimpin 114-111 dengan sisa waktu 7,7 detik, Goran Dragic melakukan pelanggaran saat Khris Middleton melakukan percobaan 3 poin .

Middleton melakukan ketiga tembakan dengan sempurna, permainan secara mengejutkan menjadi seimbang 114-114 dengan 4,3 detik tersisa.

Itu adalah waktu yang cukup bagi Butler untuk mendapatkan keuntungan dari pelanggaran yang dilakukan Antetokounmpo yang nyaris berbarengan dengan bunyi bell akhir pertandingan. Antetokounmpo dinilai wasit meletakkan tangan di pinggul Butler yang tengah melakukan jumpshoot.

Dua lemparan bebas sukses dilakukan Butler untuk mengunci kemenangan 116-114.

Baca juga: Butler berlabuh ke Heat
Baca juga: Butler bawa Heat ungguli Bucks di gim pertama semifinal Timur

Dua poin terakhir itu adalah lanjutan dari "ledakan Butler sepanjang pertandingan yang menghasilkan 40 poin untuk Miami. Butler juga membuat enam assist (tertinggi tim) dan tiga steal tertinggi tim saat Heat memaksa Bucks melakukan 14 turnovers sementara Heat hanya melakukan 10.

Goran Dragic menambahkan dengan mencetak 23 poin dan Tyler Herro menambah 17 poin untuk Miami.

Jae Crowder membuat 16 poin, Bam Adebayo 15 poin dengan sembilan rebound (tertinggi tim), Duncan Robinson 13 poin dan Olynyk 11 poin.

Antetokounmpo mengakhiri pertandingan dengan 29 poin yang menjadi yang tertinggi dalam pertandingan dan 14 rebound juga tertinggi dalam pertandingan, setelah sebelumnya ditahan hanya mengemas 18 poin dan 10 rebound pada gim pertama.

Middleton menyumbang 23 poin dan delapan assist (tertinggi dalam pertandingan). Eric Bledsoe dan Lopez menambahkan 16 poin masing-masing dan George Hill 14 poin untuk Bucks, yang menembak 7-dari-25 pada percobaan 3-poin (28 persen) dibandingkan dengan 17-dari-45 yang dilakukan Heat (37,8 persen).

Baca juga: Bucks sudahi perjalanan Magic untuk maju ke semifinal Wilayah Timur
Baca juga: Heat ke semifinal seusai hempaskan Pacers 4-0
Baca juga: Rockets atur siasat dapatkan Jimmy Butler

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020