KAI Sumut bongkar 214 bangunan liar di sepanjang rel Medan-Belawan

KAI Sumut bongkar 214 bangunan liar di sepanjang rel Medan-Belawan

Pembongkaran bangunan liar di kawasan rel Belawan. (ANTARA/Ho-Humas KAI Sumut)

Untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api, sangat dibutuhkan peran masyarakat dalam menaati dan patuh terhadap rambu-rambu di perlintasan sebidang...
Medan (ANTARA) - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara, Sabtu, membongkar bangunan liar di emplasemen Belawan untuk menjaga keamanan perjalanan kereta api dan masyarakat.

Manager Humas KAI Divre I Sumatera Utara (Sumut) Mahendro Trang Bawono di Medan, Sabtu, mengatakan sesuai peraturan, dalam ruang manfaat jalur terdapat ruang bebas yang harus bebas dari segala rintangan dan benda penghalang di kiri, kanan, atas, dan bawah, jalan rel.

"Ada 214 bangunan liar yang terdapat di sepanjang rel Medan - Belawan dan saat ini ditertibkan," ujar Manager Humas KAI Divre I Sumut Mahendro Trang Bawono.

Baca juga: Ratusan bangunan liar dibongkar untuk percepatan KA Bandara

Pembongkaran dilakukan terhadap bangunan yang belum juga dibongkar pemiliknya meski sebelumnya sudah diperingati KAI untuk membongkar sendiri bangunannya.

Penertiban bangunan liar di sepanjang jalur KA Belawan itu berjalan aman dan lancar.

Baca juga: Bangunan Liar Di Kolong Rel Jabodetabek Mulai Dibongkar

“Untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api, sangat dibutuhkan peran masyarakat dalam menaati dan patuh terhadap rambu-rambu di perlintasan sebidang dengan jalur kereta api seperti tidak mendirikan bangunan di kawasan itu," ujar Mahendro.

Dia menyebutkan pelanggar ketentuan seperti membangun bangunan diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau pidana denda paling banyak Rp100 juta.

Dia menegaskan lahan yang telah ditertibkan akan diamankan manajemen KAI dengan membuat pagar untuk sementara.

Baca juga: KAI Sumut akan operasikan kembali enam perjalanan kereta api lokal

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KA jarak menengah di Sumut kembali beroperasi 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar