Industri rokok diminta percepat serap semua tembakau petani Temanggung

Industri rokok diminta percepat serap semua tembakau petani Temanggung

Ilustrasi: Warga menjemur tembakau rajangan di kawasan lembah Gunung Sumbing, Desa Kledung, Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (21/8/2020). Menurut petani setempat, harga jual tembakau tahun ini lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yaitu untuk grade D hanya laku Rp35 ribu per kilogram dibanding tahun lalu yang mencapai Rp50 ribu per kilogram. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/wsj. (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

kami meminta perwakilan pabrik untuk mempercepat penyerapan tembakau asli Temanggung
Temanggung (ANTARA) - Bupati Temanggung M Al Khadziq meminta perwakilan industri rokok di Kabupaten Temanggung menyerap semua tembakau petani setempat pada masa panen tahun ini.

Khadziq di Temanggung, Jawa Tengah, Senin, meminta perwakilan pabrik rokok mempercepat penyerapan tembakau dari petani sampai habis dan memohon agar harga beli sesuai dengan kualitas tembakau Temanggung.

Ia menyampaikan hal tersebut saat mendatangi gudang pembelian tembakau perwakilan pabrik rokok yang ada di Temanggung bersama Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo.

Bupati dan Wakil Bupati Temanggung mengunjungi gudang perwakilan pembelian PT Gudang Garam serta mengunjungi para grader perwakilan PT Djarum.

Baca juga: Alasan mengapa serapan tembakau petani Temanggung belum optimal

Khadziq menyampaikan kunjungan ke gudang tembakau ini untuk memastikan agar pembelian tembakau Temanggung oleh pabrikan dipercepat penyerapannya, karena sampai saat ini hasil panen masih banyak menumpuk di petani, pengepul, dan pedagang, akibat arus pembelian oleh pabrik belum optimal dan tidak berimbang dengan volume hasil panen.

"Oleh karena itu kami meminta perwakilan pabrik untuk mempercepat penyerapan  tembakau asli Temanggung," katanya.

Ia meminta pihak pabrik mengerti dan memahami kesulitan yang sedang dihadapi oleh masyarakat pertembakauan, di mana ekonomi sedang sulit dan cuaca pada awal musim panen kurang baik. Oleh karena itu pihak pabrik jangan terlalu ketat dalam menentukan grade dan kualitas tembakau supaya tembakau asli Temanggung bisa terserap habis dan diberikan harga terbaik sesuai dengan kualitasnya.

Baca juga: Industri rokok diminta tetap beli tembakau petani Temanggung

Menanggapi permintaan Pemkab Temanggung tersebut, perwakilan gudang PT Gudang Garam di Temanggung Tjin Tjong Giong mengatakan akan tetap melakukan pembelian tembakau asli Temanggung.

Sedangkan beberapa grader PT Djarum menyatakan siap memperlancar arus pembelian sesuai dengan kuota yang ditetapkan pabrik.

Kedua perwakilan pabrik tersebut berharap ketika nantinya ada kelancaran pembelian agar tembakau yang digarap oleh petani benar-benar tembakau asli Temanggung.

Baca juga: Peneliti: petani tembakau butuh perhatian pemerintah

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sinergi regulasi jadi tantangan industri tembakau

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar