(ANTARA News) - Karpet merah Oscar berubah menjadi peragaan mode menjelang penyerahan penghargaan Academy Awards itu.

Vera Farmiga, nominee aktris pendukung terbaik dalam “Up In the Air" mengenakan gaun strapless merah delima dari Marchesa dengan kerut-kerut dramatis.

Bintang vocal Mariah Carey, pemeran dalam nominee film terbaik "Precious: Based on Novel 'Push' by Sapphire," memamerkan kerah “plunging” dan kakinya dalam gaun biru tua. Ia bercanda dirinya khawatir angin akan menyingkap gaun itu dan menjadikan dia seperti foto terkenal Marilyn Monroe.

"Aku senang dengan Marilyn tapi aku takut ada momen seperti Marilyn," kata dia bercanda dengan wartawan di karpet merah,. Saat itu gaunnya berkibar-kibar di kaki.

Setelah karpet merah selesai , semua pandangan akan beralih ke penghargaan Oscar, tempat Kathryn Bigelow dan karyanya "The Hurt Locker" serta James Cameron dan "Avatar"-nya dijagokan sebagai film terbaik.

Banyak pihak memperkirakan Bigelow akan meraih Oscar untuk sutradara terbaik dan membuat sejarah sebagai wanita pertama yang memenangkan penghargaan itu dalam 82 tahun sejarah Academy Awards.

"America's Sweetheart" Sandra Bullock difavoritkan mendapatkan Academy Award pertamanya sebagai aktris terbaik untuk peran sebagai ibu yang kuat dalam "The Blind Side" . Sehari sebelum penganugerahan Oscar, dia mendapatkan piala “Razzie” sebagai aktris terburuk. Penghargaan itu disusun sekelompok kritikus Hollywood.

Belum pernah ada - laki-laki atau perempuan - yang pernah dihadiahi predikat aktor atau aktris terbaik dan terburuk dalam 30 tahun Razzie, penghargaan yang sinis tersebut.

Jika Bullock gagal meraih Oscar, para pengamat mengatakan aktris terbaik bakal jatuh ke aktris veteran Meryl Streep dalam kuliner komedi "Julie & Julia."

Jika dia meraih Academy Award dalam nominee ke-16nya itu, Streep hanya kekurangan satu piala lagi untuk menyamai aktris legendaris Katharine Hepburn, peraih empat Oscar, orang yang paling banyak meraih piala itu.

Film Drama Terbaik
Pelawak Mo'Nique telah meraih hampir semua penghargaan sebagai aktris pembantu terbaik dalam "Precious: Berdasarkan Pada Novel 'Push' Oleh Sapphire," dan dia juga dijagokan untuk meraih Oscar.

Jeff Bridges tampaknya sudah pasti meraih aktor terbaik sebagai penyanyi pemabuk di "Crazy Heart". Christoph Waltz dijagokan sebagai aktor pembantu terbaik dalam "Inglourious Basterds." Keduanya telah meraih banyak penghargaan lain dalam peran masing-masing.

Di pesta-pesta tertutup Hollywood, sudah ada bisik-bisik bahwa 5.800 juri Oscar kemungkinan memilih "Avatar" yang sudah meraih 2,5 miliar dolar AS dari pemutaran di seluruh dunia. Saingannya, "Hurt Locker" meraih sekitar 20 juta dolar AS.

Beberapa pengamat Oscar berpikir bahwa sistem pemungutan suara preferensial dan 10 nominasi film terbaik yang merupakan pertama kalinya sejak tahun 1943, bisa menyebabkan Avatar terpeleset sehingga penghargaan jatuh ke "Inglourious Basterds" atau "Precious". Pemandu acara yaitu Alec Baldwin dan Steve Martin diharapkan dapat menghadirkan tawa dalam acara itu. (Rtr/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010