Los Angeles (ANTARA News) - Peran sebagai seorang penyanyi country yang pemabuk membawa Jeff Bridges meraih penghargaan pemeran utama pria terbaik dalam ajang Oscar.Bridges empat kali mendapat nominasi Oscar tetapi baru kali ini berhasil mendapatkannya.

"Terima kasih ibu dan ayah karena membuatku tertarik pada pekerjaan yang menarik," kata Bridges dalam pidatonya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Bridges berasal dari keluarga yang berkecimpung didunia perfilman. Ayahnya Lloyd Bridges dan kakaknya, Beau Bridges, juga aktor.

Bridges berkata kepada penonton di Kodak Theatre mengenai bagaimana ayahnya mengajari dia dasar akting. Sementara ibunya menghasut Bridges untuk menghibur tamu di pesta-pesta.

"Mereka sangat mencintai dunia pertunjukan," kata aktor yang dikenal dengan gaya aktingnya yang alami. Dia sering memainkan karakter yang tidak dapat ditebak dan dia sudah lama dianggap kurang mumpuni.

Dalam "Crazy Heart", dia memerankan Bad Blake, penyanyi country yang pemabuk berat dan penampilannya memudar. Blake bermain di bar kecil dan arena bowling.

Dia berjuang untuk mengontrol hidupnya, setelah jatuh cinta pada seorang jurnalis dan orangtua tunggal yang diperankan oleh Maggie Gyllenhaal. Bridges (60) melakukan sendiri adegan bernyanyi dalam film.

Dia dianggap sebagai unggulan utama peraih aktor terbaik Oscar tahun ini. Beberapa kritikus mengatakan Bridges menaikkan penampilannya yang selama ini terlibat dalam film yang membosankan.

Aktor lain yang masuk nominasi adalah George Clooney dalam "Up in the Air", Colin Firth dalam "A Single Man", Morgan Freeman dalam "Invictus" dan Jeremy Renner dalam "The Hurt Locker".

Penampilan pertama Bridges dalam film berjudul "The Company She Keeps". Bridges masih bayi saat bermain dalam film buatan tahun 1950 itu.

Dia juga tampil dalam beberapa episode serial televisi "Sea Hunt" yang dibintangi ayahnya. Tetapi peran pertamanya pada film "The Last Picture Show" tahun 1971.

Peran sebagai murid SMA itu membawa dia memperoleh nominasi Oscar pertamanya, untuk kategori aktor pemeran pembantu terbaik.

Bridges memperoleh nominasi Oscar keduanya sebagai pemeran pembantu terbai  tahun 1974 dalam film "Thunderbold and Lightfoot".  Clint Eastwood menjadi lawan mainnya.

Setelah itu orang-orang berharap dia tumbuh menjadi superstar namun karirnya menurun dan dia dikenal dengan gaya aktingnya yang tidak berkembang dan bukan pemeran dalam film blockbuster (film laris).

Dia memperoleh pujian atas perannya sebagai "The Dude" dalam film komedi "The Big Lebowsky" tahun 1998.

Tahun ini Bridges meraih Golden Globes dan Screen Actor Guild Award atas perannya di film "Crazy Heart". (ENY/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010