Bandung (ANTARA News) - Tuan rumah Persikab Kabupaten Bandung mengalahkan Gresik United 2-1 (2-1) pada lanjutan Liga Indonesia Divisi Utama Grup II di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin.

Gol kemenangan Persikab dicetak oleh gelandang Bakrie Umarela menit ke-3 dan Marwansyah menit ke-29. Sedangkan gol balasan Gresik United disarangkan OJ Basile menit ke-19.

"Kemenangan ini cukup berarti bagi Persikab di akhir penyisihan kompetisi ini, Persikab akan mengambil point terakhir di kandang Persikota akhir Maret ini," kata Assisten Manajer Persikab, Marlan seusai pertandingan.

Persikab yang pada pertandingan sebelumnya mengalahkan Persidafon Dafonsoro 1-0 itu tampil mendominasi sejak awal babak pertama. Gebrakan pertamanya menghasikan gol menit ke-3 babak pertama.

Gresik United sendiri sempat membuka peluang untuk mencuri point dari tuan rumah setelah berhasil menyamakan kedudukan menit ke-19. Namun, gagal mempertahankannya ketika 10 menit kemudian kebobolan bola tembakan Marwansyah.

Tembakan Marwansyah dari umpan Anwarudin gagal ditepis kiper Gresik, Usman Pribadi.

Pada babak kedua, Gresik United yang dimotori oleh OJ Basile sebenarnya lebih mendominasi permainan dengan mengembangkan serangan dari semua lini. Namun pada saat terus menekan, Gresik nyaris kebobolan pada babak kedua.

Tim asuhan pelatih Zaenal Abidin itu masih beruntung, setelah tembakan penalti striker Persib Udo Fortune gagal membuahkan gol.

Sebaliknya, Persikab yang mengalami penurunan stamina pada babak kedua lebih banyak melakukan permainan bertahan sehingga di akhir babak kedua berhasil mengamankan kemenangan 2-1.

"Persikab beruntung, pertahanan mereka cukup bagus. Background pelatih Suharno sebagai pemain bertahan diterapkan di timnya, pertahanan Persikab lebih tenang," kata Zaenal Abidin.

Wasit Hadi Suroso mengeluarkan kartu kuning untuk Udo Fortune dan kiper Dadang Sudrajat dari Persikab.

Dengan kemenangan itu, Persikab masih bertahan di peringkat keempat klasemen sementara Grup II dengan nilai 31 hasil 19 kali bertanding. Sedangkan Gresik United masih tertahan di peringkat kesembilan.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010