Mendagri: Kurva COVID-19 menurun di daerah Pilkada

Mendagri: Kurva COVID-19 menurun di daerah Pilkada

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Ketua KPK Firli Bahuri saat memberikan keterangan pers di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (10/11/2020). ANTARA/Naim/am.

Batam (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan kurva kasus COVID-19 di sejumlah daerah yang menyelenggarakan Pilkada 2020, cenderung menurun.

"Dalam evaluasi selama masa kampanye 46 hari yang berlangsung sejak 26 September, informasi dari Satgas COVID-19, daerah merah berkurang, yang ada orange bertambah," kata Tito di Batam, Selasa.

Baca juga: Netralitas ASN, Kemendagri tegur 67 kepala daerah

Baca juga: Mendagri ajak mahasiswa terlibat langsung cegah penyebaran COVID-19


Ia menyatakan terdapat penurunan COVID-19 di beberapa daerah secara variatif, meski sejumlah daerah juga mencatatkan peningkatan.

Menurut dia, sepanjang protokol kesehatan diterapkan dengan benar, angka penularan COVID-19 akan menurun.

Karenanya, ia meminta calon kepala daerah untuk membagikan alat peraga kampanye berupa perlengkapan perlawanan terhadap virus corona, seperti masker dengan gambar, nomor urut, logo atau lainnya.

Tito percaya alat peraga kampanye masker relatif lebih efektif ketimbang baliho. "Karena bergerak, letaknya di wajah lebih efektif ketimbang baliho," kata dia.

Baca juga: Mendagri tak pernah larang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Ia menyampaikan pilkada merupakan momentum bagi seluruh calon kepala daerah untuk mendukung penanganan COVID-19 nasional. Tito mengajak calon kepala daerah menjadi agen protokol kesehatan COVID-19.
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar