Pandemi COVID-19, sektor UMKM perlu mendapat perhatian lebih serius

Pandemi COVID-19, sektor UMKM perlu mendapat perhatian lebih serius

Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris ketika memaparkan program ekonomi kedepan bagi Kota Depok. (ANTARA/Foto: istimewa)

program SUKSES nantinya diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan ketahanan ekonomi warga Depok
Depok (ANTARA) - Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat pandemi COVID-19 ini perlu diberikan perhatian lebih serius, termasuk juga warga yang terdampak seperti menurunnya penghasilan dan adanya pemutuhsan hubungan kerja (PHK).

Hal tersebut dikatakan Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris saat meluncurkan program di bidang ekonomi yang disingkat "SUKSES" saat live streaming melalui kanal Youtube PKS Depok, Selasa.

"Bertepatan dengan momen hari pahlawan ini, kami luncurkan enam Jurus "SUKSES" yang kita harap dapat mewujudkan 2 tujuan utama, yaitu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi warga Depok," ucap Idris.

Ia mengatakan program SUKSES nantinya diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan ketahanan ekonomi warga Depok.

"Komitmen pasangan Idris-Imam dalam menata sektor industri kreatif di kota Depok serta kemudahan perizinan dan Invstasi di kota Depok," katanya.

Idris menjelaskan program SUKSES ini akan sinergis dengan pengembangan industri kreatif berbasis kearifan lokal di kota Depok, Selain itu kami juga tentunya akan mendorong percepatan dan efektifitas perizinan yang terintegrasi agar memberikan kemudahan usaha dan investasi di kota Depok.

Untuk itu Idris mengajak warga Depok untuk datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya. "Kurang dari sebulan warga Depok akan menggunakan hak pilihnya menentukan Pilihan untuk melanjutkan Pembangunan di Depok," katanya.

Sementara itu Calon Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan program di bidang ekonomi yang disingkat "SUKSES" sebagai rangkaian program unggulan guna membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Idris menyampaikan Pandemi COVID-19-19 berdampak langsung pada peningkatan jumlah pengangguran di kota Depok yang diprediksi naik mencapai 8,72 persen jumlah penduduk.

Sementara itu, berdasarkan pekerjaan utama 80 persen warga Depok bekerja pada sektor jasa yang juga terdampak, sedangkan sebanyak 71,5 persen penduduk Depok berada pada usia produktif.

Melihat kondisi tersebut program SUKSES sebagai wujud keberpihakan terhadap kesejahteraan warga sekaligus menjawab tantangan daya serap kerja di masa pandemi COVID-19.

Idris menjabarkan 6 huruf dalam kata “SUKSES” merupakan kependekan yang mewakili 6 program ekonomi bagi masyarakat konsep kami dalam 6 jurus SUKSES adalah pertama, Setiap Kelurahan akan memiliki Satu Produk Unggulan,

Kedua, masyarakat akan kami bekali 8 pelatihan pondasi bisnis, ketiga, kredit usaha tanpa bunga bagi 5000 UKM, keempat, satu pendamping UKM di setiap kelurahan, Kelima, fasilitas E-Commerce (toko online) dan Depok Creative Hub, dan keenam, fasilitas design logo dan kemasan secara gratis bagi 5000 UKM di kota Depok.

Baca juga: Depok kembali perpanjang pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan
Baca juga: Disnaker Depok dorong masyarakat berwirausaha
Baca juga: Pasar rakyat online Depok berdayakan ojek pangkalan

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bupati Pandeglang yakin vaksinasi bisa pulihkan ekonomi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar